Ajakan Uskup Maumere Untuk Mendoakan Dunia yang Dilanda Kerapuhan

73
Misa mengenang 10 tahun wafat Pendiri Kongregasi Bunda Hati Tersuci Maria ( KBHTM) Bapak Yohanes Dae/Yuven Fernandez
Ajakan Uskup Maumere Untuk Mendoakan Dunia yang Dilanda Kerapuhan
5 (100%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.COM-USKUP Maumere pada Misa mengenang pendiri Kongregasi Bunda Hati Tersuci Maria (KBHTM) mengajak umat untuk mendoakan dunia yang dilanda kerapuhan perabadan manusia.

Hal ini disampaikan Mgr. Edwaldus Martinus Sedu dalam khotbahnya saat Misa mengenal 10 tahun wafatnya pendiri KBHTM Bapak Yohanes Dae. Mgr. Edwaldus mengatakan kita perlu mendoakan dunia yang sedang dilanda kerapuhan karena nilai-nilai kemanusiaan makin hari makin menipis.

“Selaras dengan ajakan Tuhan untuk hidup dalam cinta-Nya kita terpanggil untuk terus berdoa bagi dunia kini dilanda kegelapan hati nurani dan kehancuran peradaban manusia, ” ajak Uskup Edwal, sapaannya, di Gereja Spiritu Santo Misir, Maumere, Rabu 30/9/2020.

Misa yang mengusung tema, “Bersama Bunda Maria Kita Bersyukur Atas Kasih Setia Tuhan”, Mgr. Edwal mengajak anggota KBHTM dan seluruh umat untuk menyatukan segala niat baik serta menghantar sang pendiri dalam doa. Ketulusan hati dan kesederhanaan sang pendiri menjadi panutan dalam hidup kita saat ini,” sebutnya.

Mantan Praeses Seminari Tinggi Ritapiret ini menegaskan semangat Bapak Yohanes Dae yang hadir di tengah dunia dengan pertolongan Bunda Maria adalah semangat yang mestinya kita minta kepada Allah Roh Kudus agar tidak mudah padam dan larut dalam rutinitas doa.

Selain itu, mantan Vikaris Jenderal Keuskupan Maumere ini mendorong umat agar tergerak hatinya untuk meneguhkan serta menguatkan orang- orang yang kehilangan harapan ditengah kegelisahan zaman. Mulai dari orang-orang terdekat sampai pada orang lain dalam kehidupan masyarakat luas.

“Paus Fransiskus pernah menegaskan sikap ini sebagai bentuk perlawanan terhadap sikap ketidakpedulian massal, globalisasi ketidakpedulian yang diperankan oleh zaman modern ini,” ungkapnya.

Dalam Misa ini, ada juga para konselebran yaitu Pastor Paroki Spiritu Santo Misir Deodatus Du’u; Pastor Paroki Thomas Morus Lorens Noi; Moderator KBHTM Pastor Paskalis Lina, SVD; Pastor Agustinus Pitang; dan Pastor Emanuel dari Scalabrinian.

Hadir pula Ketua Umum KBHTM Damianus Bagus, koordinator KBHTM Maumere Hendrikus T. Monteiro beserta anggota KBHTM Keuskupan Maumere.

Misa yang disiarkan langsung melalui live streaming YouTube sehingga dapat disaksikan oleh anggota KBHTM di tujuh keuskupan lainnya di Indonesia dan Timor Leste.

Yuven Fernandez (Maumere)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here