Ini Prefek Baru Kongregasi Penggelaran Kudus

92
Mgr. Marcello Semeraro dan Paus Fransiskus| Dok.Vatican News
Ini Prefek Baru Kongregasi Penggelaran Kudus
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.COM—Paus Fransiskus menunjuk Uskup Albano, Mgr. Marcello Semeraro sebagai Prefek Kongregasi Penggelaran Kudus menggantikan Kardinal Giovanni Angelo Becciu yang mengundurkan diri dari jabatannya pada 24 September lalu. Penunjukkan ini dilakukan pada hari Kamis, 15/10.

Mgr. Semeraro, yang berulang tahun ke-73 pada bulan Desember ini, lahir di Monteroni di Lecce, Puglia, Italia. Ia ditahbiskan imam pada tahun 1971 dan diangkat menjadi Uskup Oria oleh St. Yohanes Paulus II pada tahun 1998. Ia kemudian dipindahkan ke Gereja Pinggiran Kota Albano pada tanggal 1 Oktober 2004. Saat ini, ia menjabat sebagai Administrator Apostolik ad nutum Sanctae Sedis dari Biara Eksarkis St. Maria di Grottaferrata dan Delegasi Kepausan Ordo Basilian Italia.

Ia mengikuti formasi awal di Seminari Regional Kepausan Puglia, Pius XI dari Molfetta,  kemudian menyelesaikan studi teologi di Fakultas Teologi Universitas Kepausan Lateran di Roma di mana ia memperoleh gelar akademik Lisensi dan Doktor Teologi Suci. Ia kemudian memulai pelayanannya dengan mengajar Teologi Dogmatis di Institut Teologi Pugliese dan Eklesiologi di Fakultas Teologi Universitas Kepausan Lateran.

Ia telah menerbitkan beberapa buku, artikel, dan entri kamus tentang tema eklesiologi. Setelah ditahbis menjadi uskup, ia menerbitkan teks-teks tentang spiritualitas pastoral dan imamat, termasuk sebuah buku dengan “kata pengantar” oleh Paus Fransiskus.

Melansir Vatican News, 15/10, daftar pengalaman Mgr. Semeraro semakin panjang. Tercatat ia menjadi sekretaris khusus dari Sidang Umum ke-10 Sinode Para Uskup tentang “Uskup: Hamba Injil Yesus Kristus untuk Harapan Dunia”. Ia juga berpartisipasi dalam Sidang Umum Biasa XIV tentang panggilan dan misi keluarga di Gereja dan di dunia kontemporer. Dalam Sidang Umum Biasa XV tentang Pemuda, Iman dan Penegasan Panggilan serta di Sidang Khusus untuk Wilayah Panamazzonic pada tahun 2019, semuanya dengan nominasi kepausan.

Sejak 2013, ia menjadi Sekretaris “Dewan Kardinal”, membantu Bapa Suci dalam pemerintahan Gereja Universal, peran yang Paus percayakan hari ini kepada Mgr. Marco Mellino, hingga sekarang menjadi wakil sekretaris. Mgr. Semeraro telah menjadi anggota Kongregasi Penggelaran Kudus sejak 2009. Ia adalah anggota Dikasteri Komunikasi dan Konsultan Kongregasi untuk Gereja-Gereja Oriental. Terakhir, ia menjadi Ketua Konferensi Episkopal Latium Komisi Regional untuk Doktrin Iman, Berita dan Katekese, Anggota Komisi Konferensi Waligereja Italia (CEI) untuk Doktrin Iman, Berita dan Katekese serta Ketua Dewan Direktur koran “Avvenire – Nuova Editrice SpA”.

September lalu, Mgr. Semeraro menyambut Paus Fransiskus dalam kunjungan pastoral ke Albano.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here