Paus Fransiskus Tunjuk Patriark Baru Yerusalem

122
Mgr. Pierbattista Pizzaballa, OFM | Dok. Vatican News
Paus Fransiskus Tunjuk Patriark Baru Yerusalem
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.COM— Administrator Apostolik Yerusalem, Mgr. Pierbattista Pizzaballa, OFM ditetapkan sebagai Patriark Yerusalem. Penunjukkan ini dilaksanakan oleh Paus Fransiskus pada hari Sabtu, 24/10.  Sejak 2016, Mgr. Pierbattista melayani sebagai Administrator Apostolik sede vacante dari Patriarkat Latin Yerusalem.

Melansir Vatican News, 24/10, Mgr. Pierbattista lahir pada tahun 1965 di Cologno al Serio, Italia, tepatnya di Keuskupan dan Provinsi Bergamo. Ia masu provinsi Fransiskan Cristo Re pada tahun 1976 dan mengikrarkan kaul pertama pada tahun 1985, diikuti dengan kaul kekal pada tahun 1989, dan ditahbiskan menjadi imam pada tahun 1990. Gelar sarjana diraihnya di bidang teologi dari Universitas Kepausan Antonianum, Roma, dan menyelesaikan studinya di Studium Biblicum Franciscanum Yerusalem. Kemudian ia menjabat sebagai profesor bahasa Ibrani biblis di Falkutas Fransiskan Ilmu Biblika dan Arkeologi Yerusalem.

Patriark Latin Yerusalem yang baru ini memulai pengabdiannya di Kustodia Tanah Suci pada tahun 1999 dan pada tahun 2011 ditunjuk sebagai Penjaga Biara St. Simeon dan Anna di Yersualem. Ia menjabat sebagai vikaris patriarkal dari tahun 2003 hingga 2008. Definitorium General mengangkatnya sebagai Kustos Tanah Suci dan Penjaga Gunung Zion pada tahun 2004, peran yang ia penuhi hingga April 2016. Ia juga jadi anggota Kongregasi untuk Gereja-Gereja Oriental.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here