PASTOR SUHUD PIMPIN SX INDONESIA

1863
Pastor Suhud Budi Pranoto, SX (depan paling kanan) di antara para peserta Kapitel Serikat Misionaris Xaverian di Wisma Canossa, Bintaro, Tangerang Selatan.
PASTOR SUHUD PIMPIN SX INDONESIA
5 (100%) 3 votes

HIDUPKATOLIK.COM – PASTOR Suhud Budi Pranoto, SX, akrab disapa Pastor Suhud,  terpilih menjadi Provinsial Serikat Misionaris Xaverian (SX) Indonesia periode 2020-2024. Ia terpilih pada hari terakhir Kapitel Provinsi SX yang berlangsung dari tanggal 19-27 Oktober 2020 di Rumah Retret Wisma Canossa, Bintaro, Tengerang Selatan, Banten.

Pastor Suhud menggantikan Pastor Antonius Wahyudianto, SX yang sudah dua periode memimpin SX Indonesia. Di Indonesia, SX berkarya di Keuskupan Padang, Keuskupan Agung Jakarta (KAJ), Keuskupan Agung Medan (KAM), dan Keuskupan Agung Semarang (KAS). Pertama kali, SX berkarya di Sumatera Barat alias Keuskupan Padang sejak tahun 1951.

Pastor Suhud akan didampingi Pastor Yakobus Sriyatmoko, SX sebagai Wakil Provinsial, dengan Anggota Dewan Provinsi: Pastor Gerpasius Rantetana, SX; Pastor Alfonsus Widi Wiryawan, SX, dan  Pastor Manuel Sanchez Gutierrez, SX.

Kapitel yang sedianya digelar bulan Mei 2020 namun tertunda karena Covid-19 ini merupakan kapitel provinsi ke-17 SX Indonesia.  Dalam kapitel ini dibicarakan pula secara mendalam hal-hal yang terkait dengan karya dan pelayanan Xaverian di Indonesia seperti Karya Misi, Paroki Misioner, Kerasulan Awam, Kemandirian Ekonomi, Pendidikan, Animasi dan Panggilan, untuk karya Xaverian 5-10 tahun ke depan.

Sebagai misionaris, selain di Indonesia, Pastor Suhud pernah menjalani karya misi di Bangladesh. Serikat Xaveran yang didirikan oleh Santo Maria Guido Conforti pada awalnya diperuntukkan untuk meneruskan karya misi Santo Fransiskus Xaverius ke daratan Tiongkok (Cina). Namun, serikat ini kemudian mengembangkan karya misinya ke pelbagai penjuru dunia. Dalam beberapa tahun belakangan ini, SX Provinsi Indonesia juga telah mengirim para misionarisnya ke pelbagai negara di Benua Afrika dan Amerika Latin. Pastor Suhud adalah imam pribumi kedua yang terpilih memimpin kongregasi yang didirikan di Parma, Italia ini.

FHS/Laporan Pastor Yakobus I Made Suardana, SX

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here