Renungan Harian 28 Oktober 2020 “Bekerja sama”

68
Renungan Harian 28 Oktober 2020 “Bekerja sama”
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Ef. 2:19-22; Mzm. 19:2-3, 4-5; Luk. 6:12-19

HARI ini Gereja merayakan dua dari 12 rasul terpilih Yesus: Simon orang Zelot dan Yudas anak Yakobus, yang juga disebut Yudas Tadeus. Yang pertama ialah mantan pemberontak yang dulunya merasa pedanglah jawaban untuk penjajahan Romawi atas Israel; yang kedua adalah orang biasa yang tidak dikenal. Keduanya diundang Yesus menjadi bagian “ring satu”, orang-orang terdekat untuk bekerja sama dengan Yesus dalam mewartakan Injil, mewartakan pertobatan. Dan, keduanya bersedia bekerja sama dengan Yesus sampai menumpahkan darah mereka.

Gereja didirikan atas dasar Para Rasul. Para rasul tidak mesti eksklusif orang terpandang, tetapi terbuka kepada segala lapisan dan golongan (nelayan, pemungutcukai, pemberontak, mata duitan, berpendidikan, orang biasa saja). Semua menjadi batu-batu hidup yang disusun di atas batu penjuru (Yesus Kristus). Tugas mereka sederhana: meneruskan karya Yesus, proyek Kerajaan Allah, bukan misi pribadi atau proyek pribadi demi keuntungan diri sendiri.

Kita pun juga batu hidup yang tersusun rapi untuk bangunan Allah, Gereja. Tidak ada alasan untuk sombong, pun tidak perlu rendah diri. Semua punya bagian, semua bekerja sama dengan Tuhan Yesus untuk karya keselamatan, untuk dunia yang lebih bersaudara, damai, penuh kasih dan adil-benar. Seperti yang disinggung Paus Fransiskus dalam ensiklik terbaru 3 Oktober 2020, “Fratelli Tutti”, saudarasaudari semuanya…! Dan jangan lupa tetap
berdoa untuk menjadi rekan sekerja Yesus, supaya misi kita tetap dengan misi Tuhan.

Pastor Paulus Toni Tantiono, OFMCap , Dosen Kitab Suci STT Pastor Bonus, Pontianak, Kalimantan Barat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here