Vatikan Perpanjang Indulgensi Selama Bulan November

1248
Pemakaman Powazki, Warsawa, Polandia (Dok. Vatikan Media)
Vatikan Perpanjang Indulgensi Selama Bulan November
5 (100%) 4 votes

HIDUPKATOLIK.COM – Penitensiaria Apostolik mengumumkan penyesuaian indulgensi untuk orang-orang yang telah meninggal selama bulan November. Seperti yang diberitakan oleh Vatican News, salah satu dari tiga pengadilan Kuria Romawi ini, atas persetujuan Paus Fransiskus, mengeluarkan dekrit pada Jumat 23 Oktober 2020 mengenai penyesuaian indulgensi. Dekrit penyesuaian ini ditandatangani pada tanggal 22 Oktober, pada peringatan Santo Yohanes Paulus II.

Normalnya, umat berdoa bagi anggota keluarga atau kerabat mereka pada tanggal 1 hingga 8 November agar mendapat indulgensi penuh. Kemudian beberapa diantara mempunyai tradisi berdoa di makan sepanjang tanggal 1 hingga 8 November.

Namun tahun ini berbeda. Dikarenakan pandemi Covid 19, dan berkerumun di tempat umum masih dilarang, umat diperbolehkan pergi dan berdoa di makam kapan saja sepanjang bulan November. Indulgensi dapat diperoleh siapa saja di tahun ini sehingga umat dihimbau dengan khusyuk mendoakan mereka yang telah meninggal. Walaupun tidak dapat mengunjungi makam, dektrit ini memberikan alternatif yakni diantaranya berdoa mandiri di rumah di depan patung orang-orang kudus, berdoa Rosario, berdoa Kerahiman Ilahi dan merenungkan Injil.

Sonia Veronika / Karina Chrisyantia 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here