Paus Fransiskus Anugerahkan Pallium pada Patriark Latin Yerusalem Baru

110
Paus Fransiskus menganugerahkan Pallium kepada Patriark Latin Yerusalem, Patriark Pierbattista Pizzaballa| ANSA via Vatican News
Paus Fransiskus Anugerahkan Pallium pada Patriark Latin Yerusalem Baru
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.COM— Sesaat sebelum Audiensi Umum di Aula Paulus VI di Vatikan, Paus Fransiskus menganugerahkan pallium kepada His Beatitude Pierbattista Pizzaballa, Patriark Latin Yerusalem yang baru pada Kamis, 29/10.

Sebuah catatan dari Kantor Pers Takhta Suci pada Rabu malam berdasarkan Vatican News, 29/10, mengatakan bahwa upacara singkat, sederhana dan sangat simbolis itu berlangsung di Kapel Santa Marta di Vatikan. Menurut Kitab Hukum Kanonik (KHK 437), dalam waktu tiga bulan sejak penerimaan tahbisan uskup atau jika ia telah ditahbiskan, dari ketentuan kanonik, seorang metropolitan wajib meminta pallium dari Paus Roma baik secara pribadi atau melalui kuasa. Pallium ini mewakili kekuatan yang dimiliki metropolitan oleh hukum di provinsinya, dalam persekutuan dengan Gereja Roma.

Pallium adalah kata Latin untuk mantel atau jubah. Pallium adalah pita wol yang dianugerahkan oleh Paus di atas bahu Metropolitan atau Primat sebagai kesaksian persekutuan mereka dengan Uskup Roma dan misi mereka untuk mendedikasikan hidup mereka bagi kawanan dombanya, meniru Gembala yang Baik yang menggendong domba-domba-Nya di bahu mereka. Pallium juga menandakan kuasa metropolitan, dalam persekutuan dengan Gereja Roma, memiliki hukum di provinsinya sendiri.

Pada 24 Oktober 2020, Paus Fransiskus menunjuk Uskup Agung Pizzaballa sebagai Patriark Latin Yerusalem, menjadikannya Patriark ke-10 sejak pembentukan kembali Patriarkat Latin pada tahun 1847.

Dalam salam untuk keuskupannya, Patriark Pizzabella berkata: “Pallium ini mengingatkan kita bahwa kita telah memilih dalam Baptisan untuk memikul kuk Kristus, beban dan kemuliaan Salib, yaitu kasih yang diberikan sampai mati hingga alam baka.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here