Rayakan Hari Arwah, Ini Pesan Kardinal Suharyo

67
Kardinal Ignatius Suharyo ketika memimpin Misa Arwah di Oasis Lestari, 2 November 2020 (Capture Youtube HIDUP TV)
Rayakan Hari Arwah, Ini Pesan Kardinal Suharyo
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.COM — Setiap tanggal 2 November, Gereja Katolik merayakan serta mendoakan semua arwah orang beriman melalui Ekaristi Kudus. Dalam kesempatan ini, Kardinal Suharyo mengungkapkan, dengan merayakan Hari Raya Orang Beriman, umat dihimbau pula untuk mengungkapkan keyakinan iman bahwa karena buah-buah penebusan Kristus, karena kerahiman Allah yang tanpa batas, saudari-saudara yang sudah ikut di dalam perjamuan yang kekal, dapat menikmati damai abadi.

Ia mengatakan, hari ini, Gereja ingin merayakan harapan bahwa pada waktunya nanti sebagai orang beriman pun akan diterima di dalam Perjamuan Abadi yang kekal yang dilambangkan di dalam perayaan Ekaristi. Kita juga ingin merayakan kasih yaitu kasih Kristus sendiri yang kita kenangkan setiap kali kita merayakan Ekaristi.

“Di dalam setiap Perayaan Ekarisi kita mengenang kembali pemberian hidup Yesus yang dinyatakan di dalam kata-kata yang amat indah “terimalah dan makanlah inilah tubuh-Ku yang diserahkan bagimu, demikian juga terimalah dan minumlah inilah piala darah-Ku yang ditumpah kan bagimu dan bagi semua orang demi pengampunan dosa. Kasih Allah yang sangat nyata didalam pemberian diri Yesus kasih yang tanpa batas,” terang Uskup Agung Jakarta ini.

Akhirnya, Kardinal Suharyo mengajak umat untuk bersyukur kepada Tuhan atas anugerah iman pengharapan dan kasih. Baginya, berkat kasih inilah, manusia masih berusaha terus menganah sauadari-saudaranya, walaupun mereka sudah tidak ada lagi secara fisik ditengah-tengah mereka. “Akan tetapi kasih tidak menghalangi kita untuk terus mengenang dan merayakan kehadiran mereka secara berbeda,” jelasnya.

“Oleh karena itu, ketika kita mengenang di dalam kasih saudari-saudara kita, keluarga kita, sahabat kita yang sudah mendahului kita, kita percayakan saudari-saudara kita ini kepada Allah yang kasih dan kerahiman-Nya tanpa batas. Kita mohon semoga saudari-saudara kita menjadi pendoa bagi kita di dalam peziarah iman di dunia ini dengan harapan, agar kita juga hari demi hari, sedikit demi sedikit dipersatukan dengan Kristus sebagai umatnya yang rajin berbuat baik,” pungkas Kardinal Suharyo.

Misa Peringatan Arwah Semua Orang Beriman secara daring diselenggarakan pada hari
Senin, 2 November pukul 10.45 WIB. Misa konselebran ini dipimpin oleh Kardinal Ignatius Suharyo bersama Para Imam Komisaris serta Direksi Oasis Lestari: Romo Roy Djakarya, Romo Maryana, SJ, Romo Petrus Yuwono, MSF dan Romo M. Harry Sulistyo.

Laporan: Sonia Veronika

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here