Sapaan Kebapaan Uskup Anicetus kepada Kaum Religius

167
Suasana Misa Requiem di Kateral Sibolga, Selasa, 10/11/2020 pukul 07.00 WIB
Sapaan Kebapaan Uskup Anicetus kepada Kaum Religius
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.COM – PADA Misa Requiem, pagi tadi, Selasa, 10/11/2020, pukul 07.00 WIB, di Gereja St. Theresia Lisieux, Katedral Sibolga,  Kusdodia Kapusin Sibolga, Pastor Yosef Sinaga, OFMCap mengutarakan Alm. Mgr. Anicetus Bongsu Sinaga, OFMCap sebagai sosok yang menjadi teladan bagi para imam dan para religius.

“Sikap berkorban Uskup Anicetus menjadi teladan bagi kita para imam dan kaum berjubah untuk senantiasa berkorban dalam setiap pelayanan kita. Yesus menyerahkan diri-Nya untuk manusia. Kiranya kita juga rela membagi sabda Allah itu kepada sesama sampai akhir hidup kita,” ujarnya dalam khotbah pada Misa yang dihadiri biarawan-biarawati serta umat lain dari Kota Sibolga dan sekitarnya.

Uskup Anicetus meninggal dunia di RS Elisabet Medan pada hari Sabtu, 7/11/2020. Jenazah Administrator Apostolik Keuskupan Sibolga tersebut disemayamkan di Katedral Sibolga setelah tiba dari Medan pada hari Senen, 9/10/2020.

Rela Berkorban

Pastor Yosef mengatakan, Uskup Anicetus adalah seorang uskup yang sungguh-sungguh rela berkorban. “Ia menyerahkan dirinya dalam pelayanan kepada umat, hingga ke pelosok-pelosok pelayanan umat di Keuskupan Sibolga. Ia selalu memberikan yang terbaik ketika pastor paroki dan umat menyampaikan permohonan. Selagi ia mampu, ia akan melayani dan memberikan terbaik,” tuturnya lebih jauh.

Kebapaan Uskup Anicetus memang dirasakan, tak hanya oleh umat, tapapi juga oleh kaum religius. “Seorang bapa dan gembala yang baik. Kaum religius selalu ia sapa dengan kata-kata, “Anak-anakku”, tambah Pastor Yosef.

Misa Reguiem pagi ini merupakan Misa Reguiem terakhir sebelum pada siang hari nanti, pada pukul 14.00 WIB akan dilangsungkan Misa Pemakaman. Misa ini akan dipimpin oleh Uskup Agug Medan, Mgr. Kornelius Sipayung, OFMCap bersama uskup lain, para imam yang dikabarkan akan tiba di Sibolga menjelang acara pemakaman.

FHS/Laporan: Hadamean Tumanggor (Sibolga)

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here