Galau, Ini Ungkapan Sekretaris Pribadi Mgr. Mandagi

335
Mgr. Mandagi (mengenakan batik) didampingi oleh Sekretaris Pribadinya, Diakon Erol Markus Ohoduan (kanan, mengenakan kemeja putih dan memegang tangan Mgr. Mandagi) (Dok. Pribadi)
Galau, Ini Ungkapan Sekretaris Pribadi Mgr. Mandagi
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com –  Kini Mgr. Mandagi memegang dua tugas yang cukup menantang. Rabu, 11 November 2020, ia resmi menjadi Uskup Agung Merauke sekaligus masih dipercayakan sebagai Administrator Apostolik Keuskupan Amboina sampai penunjukkan penerusnya.

Kendati masih menggembalakan Keuskupan Amboina, pengangkatan Mgr. Mandagi ini membuat haru para biarawan dan imam Keuskupan Amboina. Salah satunya, Diakon Erol Markus Ohoduan. Diakon Erol selama setahun bertugas sebagai Sekretaris Pribadi (Sekpri) Mgr. Mandagi di Keuskupan Amboina.

“Jujur, ini paling sedih,” tuturnya ketika dihubungi melalui Whatsapp oleh Hidupkatolik.com.

Sejak Rabu pagi, Diakon Erol mengaku galau lantaran sudah mendapatkan informasi mengenai pengangkatan tersebut. Ia juga melihat gerak-gerik Mgr. Mandagi yang belum mau membahas surat pengangkatan soal uskup baru yang telah beredar.

Pengangkatan tersebut baru diumumkan kepada biarawan dan imam di ruang rekreasi, rumah Keuskupan Amboina pukul 20.00 waktu setempat.

“Kami kehilangan sosok pemimpin hebat yang mampu merangkul para imam, anggota Gereja, maupun masyarakat agama apapun. Pemimpin yang memimpin bukan hanya dengan kata-kata tetapi dengan contoh dan teladan hidup. Antua (Bahasa Ambon: kata ganti untuk orang yang dihormati) terlalu berharga untuk dilepaskan.  Sekaligus kami bangga karena kami bisa menyumbangkan uskup kami  yang dirasa mampu untuk mengembalakan umat di Merauke,” terang Diakon Erol.

Paus Fransiskus telah menetapkan Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC sebagai Uskup Agung Merauke. Pengumuman ini dibacakan oleh Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Merauke (KAMe), Pastor Hendrikus Kariwop, MSC pada Perayaan Ekaristi di Gereja St. Fransiskus Xaverius Katedral Merauke, hari Rabu 11 November 2020 pada pukul 19.00 (WIT). Pengumuman yang sama juga dilansir oleh Takhta Suci Vatikan pada pukul 12.00 waktu Roma.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here