Membuka Rakernas PMKRI, Presiden Anak Muda Harus Siap Berkiprah di Era Milenial

92
Presiden Jokowi membuka secara resmi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) X PMKRI Sanctus Thomas Aquinas/Dok. Pribadi
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.COM-PRESIDEN Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) membuka secara resmi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) X Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Sanctus Thomas Aquinas, Senin, 23/11/2020.

Dalam Opening Ceremony Rakernas PMKRI, Jokowi menekankan agar PMKRI tampil sebagai kader-kader bangsa yang selalu berjuang mengusahakan persatuan dan kesatuan. Sebagai bagian dari NKRI, kata Jokowi, PMKRI harus berani tampil merawat persaudaraan dan memperkuat fondasi bangsa agar semakin kokoh.

Opening Ceremony yang dilakukan secara virtual itu, dihadiri seluruh Pengurus Pusat PMKRI Periode 2020-2022, Senior, anggota penyatu dan seluruh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PMKRI se-Indonesia.

Jokowi juga menyebutkan agar PMKRI tidak membiarkan upaya-upaya yang bisa melemahkan persatuan dan kesatuan di tengah bangsa. Khususnya gerakan-gerakan yang berusaha merusak toleransi antar suku, agama, dan ras.

“Mengapresiasi kontribusi PMKRI selama 73 tahun sejak berdiri tahun 1947. Kontribusi dalam menjaga nilai-nilai persaudaraan, membangun kehidupan mahasiswa dalam menjaga persatuan dan kesatauan serta kontribusi mengembangkan talenta-talenta indonesaia,” kata Presiden Jokowi.

Presiden juga menyatakan kegembiraan yang mendalam kepada PMKRI yang serius dalam bertransformasi Era Digital revolusi industry 4.0. Menurutnya, digital menjadi sangat penting apalagi di tengah pandemi COVID-19. Digital telah mempercepat dan memaksa penggunaan digital dalam setiap aspek kehidupan kita.

“Maka setiap generasi muda harus menjadi smart digital user. Menjadi pengguna yang cerdas dan mampu meggunakan perangkat digital secara efektif untuk keperluan belajar dan berorganisasi,” kata Presiden berharap.

Sementara itu, Ketua Presidium PP PMKRI, Benidiktus Papa dalam Opening Ceremony menegaskan bahwa rakernas X PMKRI yang dilaksanakan bertepatan dengan situasi pandemi menjadi tantangan tersendiri.

Benidiktus juga mengajak semua kadear agar bersama-sama mengkonsolidasikan gagasan yang mampu membawa PMKRI tetap adaptif terhadap segala situasi dan sekaligus mampu memberikan arah baru dalam memberikan kontribusi rill terhadap situasi kebangsaan.

Rakernas yang berlangsung selama lima hari, mulai tanggal 22 -27 November 2020 di Jakarta, diisi oleh ragam kegaitan. Seperti stadium generale yang akan dibawkan langsung oleh Zainudin Amali selaku Menteri Pemuda dan olahraga, Jhonny G Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika, serta Bambang Soesatyo, Ketua MPR RI. Serta kegiatan diskursus lainnya dalam merumuskan arah kerja PMKRI untuk 2 tahun ke depan.

Yusti H. Wuarmanuk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here