Apakah Kita Dapat Bertetangga dengan Baik Menjelang Perayaan Natal

119
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.COM — Mempersiapkan Natal tentu harus dengan sukacita dan gembira hati. Hal ini disampaikan oleh Ketua Komisi Kerasulan Keluarga Keuskupan Agung Jakarta (KomKK KAJ) Romo Alexander Erwin Santoso, MSF dalam video Penjelasan Bulan Keluarga 2020 yang diatayangkan oleh KomKK KAJ.

Sejak tahun 2012 KAJ melaksankan Bulan Keluarga. Bulan Keluarga selalu diadakan pada Masa Adven. Keluarga diajak untuk ikut serta untuk merayakan Bulan Keluarga itu. KomKK KAJ telah menyusun tema-tema yang disesuaikan dengan Arah Dasar KAJ. Bulan Keluarga tahun ini, KomKK KAJ mengusung tema “Aku, Kamu, Kita Bertetangga”.

“Setiap minggu kita akan merayakan pertemuan yang akan terjadi di dalam keluarga. Entah secara bersama atau berkelompok di dalam komunitas dengan menggunakan sarana-sarana yang akan mempertemukan secara virtual atau hanya pertemuan di dalam keluarga Anda sendiri. Tetapi kali ini kita masih mengangkat isu bertetangga. Apakah kita dapat bertetangga dengan baik menjelang perayaan Natal ini? Kita akan merenungkan kemampuan itu,” tutur Romo Erwin.

Ada empat minggu yang akan menjadi permenungan selama Bulan Keluarga. Dalam minggu yang pertama, keluarga akan diajak merenungkan bahwa toleransi menyempurnakan kebersamaan. Ternyata banyak orang adalah sesama kita. Maka, pada minggu yang kedua, keluarga diajak lebih mengenal sesama. Pertemuan yang ketiga, kita akan menemukan asyiknya bertetangga dan akhirnya pertemuan minggu keempat, kita diberi kesempatan merenungkan sukacita.

Romo Erwin menjelaskan bahwa bahan-bahan akan ditayangkan pada Youtube KomKK KAJ (lengkap beserta panduannya) serta dikirimkan dalam bentuk hardcopy ke paroki masing-masing. “Saya yakin perayaan Natal tahun ini, dalam situasi yang serba terbatas, Anda dapat melaksanakannya dengan gembira,” tutup Romo Erwin.

Karina Chrisyantia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here