IKDKI untuk Pengembangan Dosen Katolik Indonesia

386
Ikatan Dosen Katolik Indonesia (IKDKI) merayakan ulang tahun pertama bersama Uskup Bogor, Mgr. Paskalis Bruno Syukur, OFM. (Dok. Pribadi)
Rate this post

HIDUPKATOLIK.com – Ikatan Dosen Katolik Indonesia (IKDKI) merayakan ulang tahun pertama, bertepatan dengan hari Minggu Adven pertama, 29 November 2020. Uskup Bogor Mgr. Paskalis Bruno Syukur, OFM bersama enam konselebran lainnya memimpin Misa pemberkatan Pengurus Pusat dan Wilayah IKDKI di kampus Universitas Tarumanagara (Untar), Jakarta.

IKDKI didirikan pada 23 November 2019 dalam seminar tahunan Komisi Pendidikan Keuskupan Agung Jakarta (KAJ), dilanjutkan dengan pembentukan pengurus, dan melaksanakan sejumlah kegiatan. Namun pemberkatan IKDKI dan pengurusnya tertunda oleh pandemi Covid-19.

IKDKI mengusung semangat mumpuni dan melayani, serta berperan aktif dalam pengembangan dosen untuk mendukung Indonesia Jaya. Pada perayaan tersebut, juga diperkenalkan website https://www.ikdki.org/ dan Jurnal IKDKI, serta pemberian penghargaan kepada sejumlah dosen. Ada dua jurnal IKDKI yaitu untuk sains dan teknologi, serta ilmu-ilmu sosial dan humaniora.

Jumlah Dosen Katolik di Indonesia relatif kecil, apalagi di kampus negeri atau swasta non-Katolik. Para dosen ini membutuhkan dukungan dan informasi, khususnya dalam hal tata cara mencapai jenjang akademik. Untuk itulah IKDKI hadir sebagai wadah untuk saling berkolaborasi. Selama tahun pertama, IKDKI telah melakukan beberapa pelatihan tentang kenaikan jenjang kepangkatan, strategi perolehan hibah penelitian, serta lainnya.

Rektor Untar,  Agustinus Purna Irawan selaku Ketua IKDKI Pusat berharap makin banyak dosen yang bergabung memperkokoh persaudaraan, pelayanan, dan pengembangan berkelanjutan bagi semua dosen anggota.

Selesai Misa untuk sejumlah peserta terbatas, acara yang juga disiarkan melalui Zoom mendengarkan rekaman sambutan dari Nuntius untuk Indonesia, Mgr. Piero Pioppo, beberapa uskup di Indonesia, perwakilan dari Yayasan Bina Nusantara, dan Yayasan Prof. Dr. Moestopo.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III, Agus Setyo Budi juga mengirimkan sambutannya. Harapannya, IKDKI dapat memberikan pelayanan dalam pengembangan kompetensi dan keunggulan para dosen sehingga dapat mendukung peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Selain itu ikut memantapkan kualitas sumber daya manusia profesional dan meningkatkan mutu perguruan tinggi untuk mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

IKDKI Wilayah yang sudah terbentuk adalah Sumatera, Kalimantan, Sulsel/Sulbar/Sultra, Sulut/Sulteng/Gorontalo, Maluku, Papua, Jawa Timur, serta perwakilan Jawa Tengah.

Cosmas Christanmas, Kontributor Jakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here