Para Imam SVD dan Suster SSpS Dituntut Kreatif Mewartakan Sabda

309
5/5 - (1 vote)

HIDUPKATOLIK.COM- Passion for Christ, Passion for humanity, demikian tema Rekoleksi bersama  para Ima Serikat Sabda Allah (SVD) Ruteng bersama para Suster-suster Misi Abdi Roh Kudus (SSpS) Floret Barat , Sabtu, 5/12/2020.

Tema rekoleksi ini merujuk pada tema Kongres Religius Asia Pasifik tahun 2004. Di mana fokus utama dalam tema ini adalah sosok Bunda Maria, ibu Tuhan. Maria menjadi perantara bagi misi keselamatan Allah di dunia.

“Ada tiga kata kunci kemuridan Maria. Maria adalah woman of grace; woman for others; dan woman of Courageous Faith,” demikian kata Pater Sebastian Hobahana, SVD.

Sebagai pemateri, ia melanjutkan, sebagai pewarta para imam dan suster seharusnya siap untuk berbagi rahmat. Hadir dan terlibat dengan dan untuk orang lain terlebih yang dipinggirkan dan teguh dalam iman akan Allah.

Dalam rekoleksi ini, para imam dan suster juga memandang konteks realitas dunia mengharuskan setiap murid Kristus untuk selalu kreatif dalam mewartakan Sabda.

“Di tengah zaman itu, ada upaya revitalisasi kehidupan religius sosial terlebih di zaman now dan apalagi ketika dunia terancam wabah pandemi Covid 19 atau great pandemic diseases,” sebut Pastor Sebastian.

Dengan demikian, lanjutnya, konten pewartaan menjadi selalu aktual dan relevan. Artinya gereja dan pewartaannya selalu dalam konteks “Semper Reformanda”.

Pater Sebastian mempertegaskan aspek ini dengan mengutip Redemptoris Missio “Gereja adalah Tubuh Kristus dalam pertumbuhan berkelanjutan…”(RM.11).

Rekoleksi tahunan SVD Ruteng dan SSpS Flores Barat ini ditutup dengan Adorasi bersama bertempat di kapela Provinsialat SSps Flores Barat Ruteng Manggarai.

Pastor Wilfrid Babun, SVD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here