Paus Fransiskus Luncurkan Misi Pendidikan Global 4.7

143
Rate this post

HIDUPKATOLIK.COM— Berikut adalah terjemahan teks Video-Message yang dikirimkan oleh Bapa Suci Fransiskus kepada para peserta dalam pertemuan yang diadakan pada hari Rabu, 16/12, di Casina Pius IV, pada kesempatan peluncuran Misi 4.7 dan Global Compact tentang Pendidikan, dengan tema “Pendidikan Adalah Sebuah Tindakan Harapan.”

* * *

Pendidikan adalah Tindakan Pengharapan

Para saudara dan saudari,

Pendidikan selalu merupakan tindakan pengharapan yang, dari sekarang, memandang masa depan. Tidak ada pendidikan statis. Pertemuan hari ini di Casina Pius IV adalah tindakan pengharapan dan solidaritas generasi, pengharapan dan solidaritas antargenerasi. Para pemimpin muda dan pendidik global dari semua bagian dunia bertemu untuk mempromosikan jenis pendidikan baru, yang akan memungkinkan untuk mengatasi globalisasi ketidakpedulian dan budaya membuang – dua kejahatan besar dari budaya kita, ketidakpedulian, dan penolakan. Ini merupakan tahun penderitaan yang luar biasa akibat pandemi COVID-19, tahun isolasi dan pengucilan wajib, penderitaan spiritual dan krisis dan banyak kematian, serta krisis pendidikan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Lebih dari satu miliar anak menghadapi gangguan dalam pendidikan mereka. Ratusan juta anak tertinggal dalam peluang perkembangan sosial dan kognitif. Dan, di banyak tempat, krisis biologis, psikis, dan ekonomi semakin memburuk ditambah dengan krisis politik dan sosial.

Anda telah berkumpul hari ini dalam sebuah tindakan pengharapan; sebuah tindakan pengharapan sehingga dorongan kebencian, perpecahan, dan ketidaktahuan dapat dan diatasi melalui gelombang baru yang baik, sebut saja demikian, gelombang peluang pendidikan baru yang baik berdasarkan keadilan sosial dan cinta timbal balik; Pakta Global untuk Pendidikan yang baru telah diluncurkan pada bulan Oktober dengan beberapa dari Anda hadir. Pertama-tama, saya berterima kasih atas pertemuan hari ini untuk membuat harapan dan rencana kita bersama tumbuh dalam pendidikan baru yang mengobarkan transendensi pribadi manusia, pembangunan manusia yang integral dan berkelanjutan, dialog antar budaya dan agama, menjaga planet, pertemuan untuk perdamaian dan keterbukaan kepada Tuhan.

Perserikatan Bangsa-Bangsa menawarkan kesempatan unik bagi pemerintah dunia dan masyarakat sipil untuk bersatu baik dalam harapan maupun dalam tindakan untuk pendidikan baru. Saya mengutip dengan senang hati pesan terima kasih Santo Paulus VI kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang menyatakan: “Tuan-tuan, Anda telah melakukan dan sedang melakukan pekerjaan yang hebat: untuk mengajari manusia perdamaian. Perserikatan Bangsa-Bangsa adalah sekolah terbaik tempat pendidikan ini diterima. ” Konstitusi UNESCO, yang diadopsi pada tahun 1945 pada akhir tragedi Perang Dunia II, mengakui bahwa sebagai “perang lahir dalam pikiran manusia, di benak manusia itulah benteng perdamaian harus didirikan.” Tujuh puluh lima tahun yang lalu Pendiri UNESCO meminta “untuk memastikan semua akses penuh dan setara ke pendidikan, kemungkinan untuk meneliti dengan bebas kebenaran obyektif dan pertukaran gagasan dan pengetahuan secara bebas. . . sehingga orang-orang akan memahami satu sama lain dengan lebih baik dan memperoleh pengetahuan yang lebih tepat dan benar tentang kehidupan mereka ”(Pembukaan). Saat ini, di mana Pakta Pendidikan Global telah dilanggar, saya melihat dengan kepuasan bahwa pemerintah telah berkomitmen lagi untuk mempraktikkan gagasan ini melalui adopsi Agenda PBB 2030 dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, dalam sinergi dengan Pakta Global. tentang Pendidikan.

Inti dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDO:  Sustainable Development Objectives) adalah pengakuan bahwa pendidikan berkualitas untuk semua adalah dasar yang diperlukan untuk melindungi rumah bersama kita dan mendorong persaudaraan manusia. Sama seperti Pakta Global untuk Pendidikan, pada dasarnya SDO 4 juga berkomitmen kepada semua pemerintah untuk “menjamin pendidikan yang inklusif, adil, dan berkualitas, serta untuk mempromosikan peluang belajar sepanjang hidup, dan ini untuk semua.”

Pakta dan Misi Pendidikan Global 4.7 akan bekerja sama untuk Peradaban Cinta, Kecantikan, dan Persatuan. Izinkan saya mengatakan bahwa saya berharap Anda akan menjadi penyair kecantikan manusia yang baru, keindahan persaudaraan dan persahabatan baru, seperti menjaga bumi tempat kita berjalan. Jangan lupakan orang tua dan kakek nenek, pembawa nilai-nilai kemanusiaan yang paling menentukan. Terima kasih atas apa yang Anda lakukan dan, tolong, jangan lupa berdoa untuk saya.

Terima kasih.

Disadur dari Zenit.org

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here