Sekretaris Keuskupan Agung Jakarta: Ibadat Natal Sebagai Momentum Iman

168
Rate this post

HIDUPKATOLIK.COM — Pesan Natal Bersama Tahun 2020 mengusung tema: “ … dan mereka akan menamakan Dia Imanuel” (Matius 1: 23). Pesan Natal ini dirumuskan oleh Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) dan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

Tahun ini, tahun yang berbeda dalam Perayaan Natal. Karena dunia dilanda pandemi Covid 19 dan mengharuskan setiap orang menjaga jarak satu dengan yang lain, semua kegiatan mulai dilaksanakan secara virtual termasuk ibadah.

Gereja-gereja di KAJ sudah mulai dibuka untuk Perayaan Ekaristi tatap muka namun tetap terbatas. Sehingga membuat tidak semua umat dapat mengikuti Ibadat Natal di gereja. Dalam hal ini Sekretaris Keuskupan Agung Jakarta (KAJ), Romo V. Adi Prasodjo turut memberikan refleksi singkat untuk meneguhkan umat Katolik.

Dalam Konferensi Pers Natal KAJ dan Gereja Katedral pada Selasa 23 Desember 2020, Romo Adi menyadarkan bahwa umat Katolik dan semua elemen masyarakat bisa melalui tahun 2020 yang sebentar lagi akan berakhir.

“Dengan segala macam jatuh bangun, segala dinamika, kita bisa melalui saat-saat terendah dalam situasi hidup kita di awal masa pandemi. Ini berkat Ia yang berjalan bersama kita. Pada tahun yang baru kita tetap harus optimis serta memiliki iman, harapan dan kasih dalam menyambut kehadiran Tuhan yang terus bersama kita,” terangnya.

Menurut Romo Adi, Ibadat Natal sebagai momentum iman yang akan terus meneguhkan umat untuk tetap menjalani hari-hari mendatang. “Maka kami berharap dan menghimbau umat Katolik menjadi teladan dalam memutus mata rantai Covid, serta menjadi teladan dalam solidaritas sosial. Mari, membantu dan saling bergotong royong karena itulah panggilan sebagai murid Tuhan, mewujudkan iman,” pungkasnya.

Karina Chrisyantia 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here