LISA A. RIYANTO: TETAP BERSYUKUR DAN BERBAGI

3409
Lisa A. Riyanto dan keluarga
4/5 - (2 votes)

HIDUPKATOLIK.COM – SETIAP KALI MEMASUKI akhir Desember 2020 hingga Januari 2021, bagi Elizabeth Dani Putri Aloysius Riyanto, adalah saatnya banyak pelayanan untuk ibadah dan perayaan Natal di Gereja Kristen maupun Katolik. Pada Perayaan Natal Nasional 2020, Minggu 27/12 ini pun Lisa akan hadir menyemarakkan acara yang disiarkan secara daring ini. Acara ini akan disiarkan oleh TVRI pada pukul 18.00 dan YOUTUBE HIDUPTV dan Kemkominfo TV.

“Kecuali 25 dan 26 Desember hanya untuk keluarga,” ujar penyanyi dengan nama panggung Lisa A. Riyanto ini.

Malam Kudus adalah lagu wajib dinyanyikan. Lagu ini  pernah dinyanyikan Lisa bersama kakak-kakaknya, Ari dan Lia di Konser Natal Lisa tahun 2008. Waktu itu almarhum Ari bermain gitar dan Lia tergabung dalam paduan suara.

Selain menyanyi, kebiasaan Lisa dari kecil sampai sekarang setiap menjelang Natal adalah menghias rumah dengan pohon Natal dan dekorasinya seperti sarung bantal, dan menghias meja makan. Sekarang ditambah dengan mempersiapkan kado Natal untuk anggota keluarga inti dan keponakan-keponakan. Lebih seru lagi, kado itu diberikan oleh Santa Claus kepada anak-anak. Yang menjadi Santa Claus biasanya salah satu anggota keluarga dengan berpakaian lengkap seperti Santa Claus. Demikianlah pengalaman Lisa, pokoknya kumpul keluarga, berdoa, dan bernyanyi bersama.

Lisa adalah salah satu dari 4 anak penyanyi besar almarhum Aloysius Riyanto. Lisa lahir di Jakarta 6 September 1975 dan kini sudah berkeluarga dengan Eko Indrajit serta mendapat empat anak.

Eko sangat mendukung aktivitas menyanyi ini dengan menyediakan peralatan rekaman dan membuat studio rekaman di lantai atas rumah. Biasanya Eko bermain piano, Lisa dan anak-anak bernyanyi, begitulah Lisa sehari-hari bersama keluarga. Suasananya meriah sekali.

Karena Covid-19, kegiatan Lisa menyanyi di panggung acara-acara besar berhenti sama sekali. Namun Lisa tetap bernyanyi online lewat fasilitas zoom untuk acara rohani maupun nonrohani. Membuat single baru berjudul “Terbaik” yang telah diperkenalkan September 2020. Juga membuat rekaman lagu secara live bersama suami untuk kanal Youtube Ekoji, serta untuk media sosial Lisa sendiri di Instagram lisa_a.r dan kanal Youtube Lisa A. Riyanto.

Tahun 2020 keluarga Lisa tidak bisa merayakan Misa Malam Natal bersama di gereja, karena usia anak-anak mereka belum diizinkan untuk hadir secara offline. Kumpul keluarga besar secara tatap muka langsung pun tidak mungkin dilakukan.

“Tapi kami tetap bisa Misa online dan mengucapkan Selamat Natal kepada keluarga besar secara virtual dengan teknologi zoom,” ujar Lisa.

Namun semua itu tidak mengurangi sukacita Lisa sekeluarga dalam merayakan Natal. Lisa tetap menyiapkan kado Natal bagi anak-anak dan keponakan-keponakan, sebagai wujud terima kasih sebagai orangtua bahwa anak-anak sudah mau belajar dengan baik dan tetap beraktivitas di rumah saja selama pandemi ini.

Lalu bersama teman-teman dari berbagai komunitas, Lisa memberikan kado Natal bagi anak-anak sebuah panti asuhan di Tangerang. “Saya ingin mengajarkan anak-anak kami untuk berbagi,” kata Lisa lagi.

Menghadapi pandemi dan harapan untuk tahun yang baru, Lisa mengajak semua orang untuk tetap bersyukur karena masih diberikan kesehatan dan mendoakan mereka yang terkena dampak Covid-19.

Dalam kondisi yang susah, tetaplah berbagi, ingat pada ‘persembahan janda miskin untuk Tuhan’. “Semoga tahun 2021 kita pergi ke gereja untuk merayakan Ekaristi seperti biasa,” harap aktivis Komisi Komsos KWI dan pengurus harian LP3KN ini.

Cosmas Christanmas, Kontributor

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here