Pemimpin Adat Filipina Perbarui Seruan Menentang Proyek Bendungan yang Merusak

103
Marcelino Tena
Rate this post

HIDUPKATOLIK.COM – Pemimpin kelompok masyarakat adat Filipina membarui seruannya kepada Pemerintah Filipina untuk menghentikan proyek Bendungan Kaliwa yang telah memaksa keluarga masyarakat adat mengungsi dari wilayah leluhur mereka.

Seorang pemimpin suku Filipina telah membarui seruannya kepada Presiden Filipina Ferdinand Marcos, Jr. untuk menghentikan pembangunan Proyek Bendungan Kaliwa Sumber Air Seabad Baru yang kontroversial (NWCP-KDP) yang dilaporkan akan menggusur sekitar 56 keluarga adat dari tanah leluhur mereka.

“Permohonan saya kepada Presiden Marcos (Jr.) adalah agar dia mendengar kami, suku, dan menghentikan (proyek) Bendungan Kaliwa,” kata Marcelino Tena, dalam wawancara dengan Vatikan News, Kamis (4/5).

Tena adalah presiden Samahan ng mga Katutubong Agta-Dumagat-Remontado sa Pagtatanggol di Binabaka dan Lupang Ninuno (SAGUIBIN-LN) – sebuah organisasi yang terdiri dari masyarakat adat yang saat ini memimpin protes menentang pembangunan bendungan.

“Ada sumber air alternatif untuk Manila yang tidak akan mempengaruhi masyarakat dan lingkungan serta merelokasi suku,” tambahnya.

Tena mengklaim bahwa kelompoknya ingin Presiden Filipina mengalihkan fokusnya dari proyek yang didukung China untuk mengejar sumber air berkelanjutan lainnya, meski dia tidak menyebutkan yang mana.

Protes dilecehkan

Permohonan Tena datang setelah Presiden Marcos, Jr. “menolak” seruan masyarakat adat sebelumnya untuk menghentikan proyek tersebut melalui protes damai sembilan hari yang melibatkan sekitar 300 anggota suku dengan pendukung lainnya berbaris 150 kilometer dari Jenderal Nakar, Quezon ke Istana Malacañang, kediaman resmi Presiden di Manila, pada bulan Februari.

Mereka berharap untuk bertemu dengan Kepala Eksekutif dan berbicara dengannya secara langsung mengenai masalah tersebut tetapi dilaporkan “diabaikan”. Meski begitu, Tena mengatakan protes damai mereka berhasil karena membuat warga Filipina sadar akan keadaan mereka.

Bahkan setelah protes terus-menerus selama bertahun-tahun, pemimpin suku itu mengatakan bahwa pembangunan masih berlanjut dan membuat kemajuan besar saat ini.

Dia menambahkan bahwa langkah kelompoknya selanjutnya adalah terus berkomunikasi dengan unit pemerintah daerah dari kota-kota yang terlibat dalam proyek tersebut untuk menghentikan proyek tersebut.

NWCP-KDP adalah solusi pemerintah Filipina untuk krisis air yang berkembang di Manila dan sekitarnya.

Bendungan itu akan membanjiri sekitar 300 hektar kawasan lindung dan hutan di pegunungan Sierra Madre yang menjadi rumah bagi setidaknya 5.000 penduduk asli Dumagat-Remontado. **

Zeus Legaspi (Vatican News)/Frans de Sales

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here