Sukseskan Kongres Pemuda Katolik XVII di Kupang

103
Komisariat Daerah (KomDa) Bangka Belitung (Babel) hadir 9 orang bersama Pastor Moderator Hans K Jeharut, tiba di Swiss-Belinn Kristal, Jumat, 7/12. [HIDUP/A.Bilandoro]
Sukseskan Kongres Pemuda Katolik XVII di Kupang
3 (60%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.com Kongres Nasional Pemuda Katolik XVII tengah berlangsung di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 7-9 Desember 2018. Tetapi pada Jumat, rombongan dari Komda Bangka Belitung (Babel) tampak baru tiba pada pukul sembilan malam.

Meski demikian hal itu tidak menyurutkan semangatnya, sebagaimana disampaikan oleh Ketua Komda Babel, Me Hoa. Ia percaya, melalui Organisasi Kepemudaan Pemuda Katolik dan kongres yang akan diikuti, akan berkontribusi pada Tanah Air lewat berbagai proses, teknis, dan buahnya. “Misalnya pemahaman dan mentalitas semua Pemimpin Komda dan Komcab yang mempunyai Hak Suara, juga tentang pentingnya menyukseskan Kongres ini, berkaitan dengan pemilihan Ketua Umum periode selanjutnya,” tutur wanita yang juga anggota DPRD Bangka Tengah (2009-2019)

Ada sembilan orang yang turut hadir dan siap memberikan hak suara, bersama Pastor Moderator Hans K Jeharut. Dalam usia 1,5 tahun, Pemuda Katolik Bangka Belitung berterimakasih kepada Ketua Umum Pemuda Katolik, Karolin Margret Natasa yang selama ini sudah memimpin dan memberikan contoh kepemimpinan yang optimis. “Terimakasih kepada seluruh Pengurus Pusat dan teman-teman Komda, KomCab se-Tanah Air,” tuturnya.

 

Sementara itu anggota delegasi Kongres Nasional Pemuda Katolik XVII yang berangkat dari Bandara Soekarno Hatta, Jakarta menuju Bandara El Tari, Kupang pada Jumat dini hari, 7/12 adalah rombongan dari Komisariat Daerah (Komda) Jawa Barat (terdiri dari Kabupaten Bekasi, Bogor, Sukabumi, Depok) dan DKI Jakarta.

Rombongan dari Komda DKI Jakarta dan Komda Jawa Barat yang akan berangkat ke Kupang pada Jumat, 7/12. [HIDUP/A.Bilandoro]
Baca juga: http://www.hidupkatolik.com/2018/12/07/29888/32-komda-pemuda-katolik-bersiap-mengikuti-kongres-nasional-ke-17/

Dari Komisariat Cabang (Komcab) Kabupaten Bogor Vincent Santo Oktavianus bersama sekretaris (peninjau), Komcab dari kota Depok, dan Ketua Komcab Sukabumi, Felix Arberd, bersama Sekretaris dan Bendahara. Juga tampak Caretaker Komcab.Bekasi, Simon Paska Banu bersama anggota Arnoldus Simbolon. Dalam Kongres Nasional, “Kami akan melakukan evaluasi di dalam, baru kemudian dipaparkan dalam pelaksanaan Kongres selama sidang”, jelas Vincent.

Dalam kesempatan itu, Ketua Bidang Kepemudaan dan Olah Raga, Aloysius Fransiskus Edomeko menuturkan tentang masa jabatan kepengurusan yang akan berakhir pada tahun ini. Salah satu kegiatan yang telah digagas bersama dengan pemuda-pemuda lain yang melibatkan Muhamadiyah dan kelompok umat beragama Hindu, Budha, Kristen telah melakukan program pembersihan Masjid, Gereja, dan rumah Ibadah, untuk menjaga kerukunan antar umat beragama.

Ia berharap agar program yang telah dibuat oleh kepengurusan sebelumnya, semuanya telah berjalan baik hingga di tingkat Komcab, ada suatu perubahan dari tahun ke tahun dan berjalan beriringan. “Laporan Pertanggung-jawaban telah dibuat oleh Ketua dari semua divisi, yang akan disampaikan dalam Kongres,” ujar pria yang biasa disebut Alfon.

Ia menambahkan, untuk bagian Pemuda dan Olahraga beririsan dengan bidang lain. Yang belum dikerjakan adalah membentuk Satgas Kepemudaan (seperti Banser NU). Ia berharap pada kepengurusan selanjutnya dapat terwujudkan.

Rombongan Jakarta tiba di Bandara El Tari, Kupang pada pukul 07.20 WITA. Dalam perjalanan menuju Swiss-Belinn Kristal Kupang, tempat dimana Kongres berlangsung, sederetan bendera Pemuda Katolik terpasang di Jembatan Liliba, menuju bundaran PU. Mendekati hotel yang terletak di Jalan Timor Raya itu, nampak baliho dan spanduk ucapan selamat dari beberapa wakil rakyat dan pemerintahan.

Pada Sabtu, 8/12, pada pukul 09.00-10.30 akan berlangsung misa pembukaan yang akan dipimpin oleh Uskup Agung Kupang, Mgr Petrus Turang, bertempat di Millenium Ballroom. Dilanjutkan dengan Pembukaan Kongres Pemuda Katolik XVII, yang diharapkan akan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo. “Selamat dan sukses untuk Kita semua. Selamat Kongres,” tutur Me Hoa.

Pro Ecclesia, Et Patria. Untuk Gereja dan Tanah Air.

 

Antonius Bilandoro

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here