Mantan Dubes Vatikan untuk Indonesia, Mgr Pietro Sambi Wafat

74
Mgr Pietro Sambi bersama Paus Benediktus XVI di Pangkalan Angkatan Udara Andrew Amerika Serikat pada Selasa, 15 April 2008.
[AP/Gerald Herbert]
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Mantan Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr Pietro Sambi wafat di RS Johns Hopkins Baltimore, Amerika Serikat, Rabu, 27/7. Mgr Sambi bertugas sebagai Duta Besar untuk Indonesia sejak 28 November 1991 hingga 6 Juni 1998.

Mgr Sambi wafat akibat komplikasi operasi paru-paru yang dijalaninya beberapa hari sebelumnya. Ia wafat pada usia 73 tahun, saat mengemban tugas sebagai Duta Besar Vatikan untuk Amerika Serikat.

“Dia membuat dirinya dihargai dan dicintai baik oleh Paus, Kuria Roma, para uskup, klerus, awam, dan personil diplomatik di mana ia bekerja, khususnya di Indonesia, Israel, dan Amerika Serikat,” tegas Wakil Direktur Kantor Pers Vatikan, Pastor Ciro Benedettini kepada CNA, Kamis, 28/7.

Ia menambahkan, Mgr Sambi adalah pribadi yang punya integritas tinggi, uskup yang hebat, dan Duta Besar Vatikan terkemuka yang bekerja penuh semangat, cerdas, dan efektif.

Uskup Agung Sambi diangkat oleh Paus Benediktus XVI pada 2005 sebagai Nunsio Apostolik Amerika Serikat. Dia mulai bertugas di Washington DC pada Februari 2006. Uskup Agung ini pernah membantu mewujudkan pertemuan antara Paus Benediktus XVI dengan korban pelecehan seksual para klerus, tiga tahun lalu.

Uskup Agung New York sekaligus Ketua Konferensi Waligereja Amerika Serikat, Mgr Timothy M. Dolan mengatakan, ”Berita kematiannya membawa kesedihan yang mendalam bagi Gereja di Amerika Serikat.”

Uskup Agung Pietro Sambi akan dimakamkan di Basilika National Shrine of the Immaculate Conception di Washington DC, Sabtu, 6/8.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here