Sede Vacante Uskup Sibolga, Komsos Indonesia Turut Belasungkawa

907
Sejumlah umat bersama para biarawan/biarawati berdoa untuk alm.Mgr Ludovicus Simanulang, OFMCap. di Gereja Katedral,Sibolga. [dok.istimewa]
Sede Vacante Uskup Sibolga, Komsos Indonesia Turut Belasungkawa
5 (100%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.com Uskup Sibolga Mgr Ludovicus Simanullang, OFMCap. telah berpulang pada Kamis, 20 September 2018, jam 03.30 WIB, semasa dirawat di RSU St Elisabeth Medan.

Kedukaan itu tidak hanya dirasakan oleh umat Keuskupan Sibolga yang hadir dalam serangkaian doa yang berlangsung sejak Kamis, 20/9. Ucapan belasungkawa pun turut mengalir dari para Uskup, Imam, dan beberapa kerabat, diantaranya melalui group whatsapp Komsos Indonesia dan wawancara pribadi.

  • Uskup Manokwari-Sorong: “Dear Pastor Blas, tks atas berita RIP Mgr. L. Simanulang. Dukacita mendalam bersama umat Keuskupan Sibolga dan pasti ikut mendoakan keselamatan abadi beliau. RIP. Salam dr Sorong: + H. Datus Lega.”
  • Pastor Herman Yosef Babey PUSPAS DENPASAR: “Komsos Keuskupan Denpasar menhaturkan TURUT BERDUKACITA YANG MENDALAM atas kembalinya ke Rumah Bapa di Surga, Mgr. Ludovicus Simanullang OFMcap…semoga jiwa Bapak Uskup tentram dalam kehidupan surgawi.”
  • Pastor Polykarpus Sola KOMSOS MAUMERE: “Turut berdukacita dari Komsos Maumere…”
  • Gunso Antonius Komsos Bajarmasin: “Kami dari Keuskupan Banjarmasib ikut berduka dan berbela sungkawa bagi berpulangnya ke Rumah Bapa, yang terkasih Mgr.Ludovicus Simanullang,OFMCap”.
  • Bernard Lie: “Kami dari Komsos Keuskupan Padang turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya Mgr. Ludovicus Simanullang OFM Cap. Tuhan yang memberi Tuhan pula yang mengambil, kita ini sungguh milik Tuhan, berasal dari-Nya dan akan kembali kepada-Nya!
  • Stefen Kelen Komsos Pangkal Pinang:“Komsos Keuskupan Pangkalpinang mengucapkan turut berduka yg mendalam atas meninggalnya Mgr. Ludovicus. Semoga Tuhan memberi kedamaian abadi.”
  • Pastor Semuel KOMSOS MAKASSAR: “Kami dari Keuskupan Agung Makassar turut berdukacita. Semoga Allah sumber kehidupan menganugerahkan hidup kekal kepada bapak Uskup.
  • Pastor Ino Nahak KOMSOS ATAMBUA: “Komsos Atambua turut berduka yang mendalam.” 
  • Pastor Aloysius Susilo: “Komsos Keuskupan Manokwari-Sorong mengucapkan turut berduka atas meninggalnya Mgr. Ludovicus. Semoga Tuhan memberikan kedamaian abadi di Surga.”
  • Pastor Kerans Tobias KOMSOS LARANTUKA: “RIP. TURUT MENDOAKAN KESELAMATAN YM.”

Sementara Vikjen Keuskupan Sibolga Pastor Charles Sebastian Sihombing, turut menyampaikan, “Mgr Ludovicus Simanullang OFM Cap, uskup keuskupan Sibolga, terima kasih banyak atas pelayanan bapak uskup untuk umat Gereja Katolik Keuskupan Sibolga. Engkau adalah seorang gembala yang penuh kasih dan kelemahlembutan. Crux Spes Unica, yang menjadi motto penggembalaanmu kau hidup hingga akhir hidupmu. Surga menjadi ganjaranmu. Teladan kasihmu menyemangati kami.”

Sede Vacante
Vikaris Jenderal (Vikjen) Keuskupan Sibolga Pastor Charles Sebastian Sihombing, ketika dihubungi Hidupkatolik.com pada Jumat, 21/9, menyampaikan, “saat kekosongan (tahta gerejawi atau sede vacante-red.) seperti ini, Kollegium Konsultor berperan.”

Lebih lanjut Pastor Charles menjelaskan bahwa dalam waktu delapan hari, kollegium konsultor akan memilih seorang Administrator Diosesan untuk Keuskupan Sibolga, yang selanjutnya akan bertugas sampai terpilihnya Uskup (yang baru).

Ketujuh anggota Kollegium Konsultor Keuskupan Sibolga, selain dirinya sendiri selaku Vikjen ialah:

  • Pastor Posma Manalu, dekanus Tapanuli
  • Pastor Gregarious Fau, dekanus Nias
  • Pastor Yosef Sinaga, kustos Kapusin kustodi Sibolga
  • Pastor Metodius Sarumaha, kustos Kapusin Kustodi Kepulauan Nias
  • Pastor Robert Simatupang, Ketua Unio
  • Pastor Umar, OSC

Dalam tugasnya, ujar Pastor Charles, Administrator Diosesan memiliki batasan tertentu (tidak berwenang layaknya Uskup). “Penghunjukan Uskup baru, melulu wewenang Tahta Suci. Siapa dan kapannya.”

Upacara Penghormatan
Serangkaian upacara penghormatan berupa doa-doa kelompok atau pribadi kepada Alm. telah dimulai, mulai dari Kamis siang di kapel STFT St Yohanes Sinaksak, Pematangsiantar, hingga jenazah tiba dan disemayamkan di Katedral Sibolga sekitar jam 20.30 WIB.

Sejumlah umat bersama para biarawan/biarawati berdoa untuk alm.Mgr Ludovicus Simanulang, OFMCap. di Gereja Katedral,Sibolga. [dok.istimewa]
Acara doa akan dilanjutkan pada Jumat-Sabtu, 21-22/9, sebagai bagian dari acara melayat dari unsur pemerintah , agama lain; dan misa pukul 5 sore di Katedral, dilanjutkan dengan doa-doa kelompok atau pribadi.

Pemakaman akan dilangsungkan pada Minggu, 23/9, mulai pukul 1 siang, jenazah diberangkatkan ke tempat pemakaman di Kompleks Seminari St Petrus Aek Tolang, dilanjutkan dengan Misa Requiem pukul 15.00 WIB, dipimpin oleh Mgr Anicetus B. Sinaga, OFMCap. di Kompleks Seminari St Petrus Aek Tolang.

 

Antonius Bilandoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here