Mulai 1 Juni 2020 Arsip Apostolik Vatikan Kembali Dibuka

119
Dokumen dari Kepausan Pius XII dirilis oleh Arsip Apostolik Vatikan. (Dok. Media Vatikan)
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Setelah kurang lebih ditutup selama 12 minggu karena masa karantina yang berlaku di Italia, ruang yang sebelumnya dikenal sebagai Arsip Rahasia Vatikan ini dibuka kembali.

Archivum Secretum Apostolicum Vaticanum, yang dikenal tempat penyimpanan arsip yang berisi surat-surat negara, korespondensi, buku rekening kepausan dan dokumen lain yang telah dikumpulkan gereja selama berabad-abad ini terletak di pusat Kota Vatikan.

Setelah tanggal 2 Maret 2020, dimana Paus Fransiskus memutuskan untuk membuka arsip Paus Piux XII, ruang arsip terpaksa ditutup untuk umum. Menurut pemberitahuan di situs website ruang arsip, para pejabat kantor arsip akan membuka kembali untuk para peneliti selama empat minggu, setelah itu mereka akan kembali menutup untuk liburan musim panas hingga akhir Agustus. Ruang arsip akan dibuka hanya pada pagi hari sampai pemberitahuan lebih lanjut dan jumlah peneliti yang diizinkan masuk akan dibatasi hingga 15 orang.

Italia mulai melonggarkan masa karantina yang dilakukan untuk memutuskan rantai covid-19. Sehingga, Vatikan telah membuka kembali tempat-tempat tertentu, termasuk Basilika Santo Petrus. Meskipun belum ada kehadiran para wisatawan karena perbatasan internasional yang masih dibatasi.

Seperti yang dilansir dari CNA, 28/5, Italia akan membuka perbatasannya dengan negara-negara Eropa dan Schengen lainnya mulai 3 Juni 2020, namun belum ada informasi yang resmi. Serta, masih belum diketahui kapan Italia akan membuka diri lagi untuk menerima wisatawan dari negara-negara di luar Eropa.

Karina Chrisyantia 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here