HidupTV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band. HidupTV bersifat Free to Air sehingga anda juga dapat menyaksikan siaran TV Nasional lainnya secara gratis. HidupTV dapat juga ditonton secara Streaming Internet melalui www.Hidup.tv atau www.HidupKatolik.com. INFO: (021) 5491537 atau WA: 0812-8926-7548 (HidupTV) atau email: [email protected]

Merawat Kebangsaan dan Keberagaman Via Ekspedisi Bhinneka Tunggal Ika

55
Merawat Kebangsaan dan Keberagaman Via Ekspedisi Bhinneka Tunggal Ika
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.COM-PANCASILA bukan hanya slogan. Itu adalah nilai universal yang hidup dan menenun keberagaman suku, budaya, bahasa dan semua bentuk keberagaman di Indonesia. Begitu kata Wendy Kusumowidagdo, direktur eksekutif Outward Bound Indonesia (OBI) saat ditemui di Harvest Cafe, Jakarta Barat, Selasa, 25/7.

OBI sedang mencanangkan program “Ekspedisi Bhinneka Tunggal Ika Bagi Tunas Bangsa” yang akan berlangsung di Kampus OBI Jatiluhur Jawa Barat, 16-20 Agustus mendatang; bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-72. “Ini sebagai bentuk dukungan kami terhadap Indonesia dan keberagamannya, dan upaya untuk merekat tenun kebangsaan di jiwa para muda-mudi.”

Pada 17 Agustus, peserta akan mengikuti upacara penghormatan bendera merah putih di tanggal 17 Agustus di puncak Gunung Parang; 983 meter di atas permukaan laut.

Wendy Kusumowidagdo, Direktur Eksekutif Outward Bound Indonesia (Dok. OBI)

Ekspedisi itu, lanjut Wendy merupakan salah satu program OBI yang bertujuan menggalang semangat persatuan, solidaritas dan kebhinekaan di antara pemuda-pemudi Indonesia sebagai tunas bangsa. “Harapannya, para peserta kembali ke sekolah dan lingkungan di dunia nyata menjadi agen perubahan, membawa dan membagikan semangat juang, pantang menyerah, pengabdian, gotong royong, perdamaian dan solidaritas ke lingkungan yang lebih besar,” jelas putri pasangan suami istri, pendiri OBI, Djoko Kusumowidagdo dan Elly Tjahja ini.

Program ini melibatkan 40 siswa pengurus OSIS SMA se-Indonesia di dalam ruang kelas alam. “Dalam perjalanan ekspedisi, anak-anak secara nyata harus saling bergantung pada temannya, sehingga perbedaan akan dipersatukan. Dalam setiap tahapan ekspedisi, mereka akan meresapi nilai-nilai Pancasila dan kebhinekaan,” urai alumna Marketing Communications Ohio State University Amerika Serikat ini.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, jelas Wendy, sangat mendukung program ekspedisi ini. Sebagai komitmen inklusivitas Program, OBI memberikan beasiswa bagi pemegang Kartu Indonesia Pintar dan siswa/i SLB (disabilitas tuna rungu), dengan syarat berstatus sebagai pengurus OSIS.

Program ekspedisi ini merupakan bagian dari metode pendidikan adventure-based. Peserta akan didampingi dan difasilitasi sepenuhnya oleh tim profesional dan berpengalaman. Outward Bound Indonesia menginduk pada Outward Bond International; sebuah organisasi berlisensi di bidang pengembangan karakter melalui pembelajaran di alam, yang telah berkiprah selama 75 tahun di seluruh dunia.

Edward Wirawan

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here