Suasana Salve Agung Menjelang Tahbisan Uskup Maumere

312
Mgr. Ewaldus menandatangani dokumen resmi pengangkatan Uskup Maumere, disaksikan oleh Duta Besar Tahta Suci Vatikan untuk RI, Mgr. Piero Pioppo, pada Selasa sore, 25/9, dalam upacara Salve Agung (sebagai bagian dari rangkaian tahbisan Uskup) di Gereja Katolik Katedral St Yosef, Maumere, Nusa Tenggara Timur. [dok.Shirly Krissenziya]
Suasana Salve Agung Menjelang Tahbisan Uskup Maumere
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com Bapa Suci Paus Fransiskus Xaverius pada Sabtu, 14/7/2018 pukul 12.00 waktu Vatikan, Italia atau pukul 18.00 WITA secara resmi telah menunjuk Pastor Ewaldus Martinus Sedu, Pr sebagai Uskup Maumere, menggantikan Mgr Gerulfus Kherubim Pareira SVD yang telah mencapai usia pensiun.

Misa tahbisan terhadap Uskup Maumere yang baru tersebut akan dilangsungkan pada Rabu, 26/9, mulai pukul 15.00 WITA di Gelora Samador Maumere, Kabupaten Sikka.

Dilansir dari akun @omk_indonesia dalam siaran live upacara Salve Agung (sebagai bagian dari upacara tahbisan Uskup) di Gereja Katolik Katedral St Yosep yang diunggah pada Selasa, 25/9 sekitar pukul lima sore.

Mgr Ewaldus menyampaikan sumpah setianya kepada Takhta Apostolik dihadapan umat dan segenap jajaran Uskup yang hadir. Salve Agung dipimpin oleh Uskup Agung Keuskupan Ende Mgr Vincentius Sensi Potokota didampingi oleh Uskup Emeritus Keuskupan Maumere Mgr Gerulfus Kherubim Pareira, SVD; Provinsial SVD Ende Pastor Lukas Jua, SVD; dan Nuntio/ Duta Vatican untuk Indonesia Mgr Piero Pioppo.

Duta Vatikan, Mgr Piero Pioppo dan Uskup Agung Ende, Mgr Vincentius mendampingi uskup baru Maumere, Mgr Ewaldus dalam acara pembacaan janji setia uskup saat Salve Agung di Katedral Maumere. [Foto: Mirifica.net/John Laba Wujon]
“Saya, Mgr Ewaldus Martinus Sedu yang diangkat menjadi Uskup Keuskupan Maumere, akan senantiasa setia kepada Gereja Katolik dan Santo Bapa, Gembala yang utama, Wakil Kristus, pengganti Rasul Santo Petrus,.. sebagai kepala Kolegium para Uskup.”

Mgr Ewaldus melanjutkan,”Saya akan menjaga kesatuan gereja universal, dan sekuat tenaga menjalankan tugas-tugas apostolik yang dipercayakan kepada para uskup yakni mengajar, menguduskan, dan memimpin umat Allah dalam Persekutuan dengan kepala dan anggota kolegium para uskup. Menjaga kesatuan gereja universal..”

Usai penyampaian sumpah setia tersebut, Mgr Ewaldus menanda-tangani dokumen resmi pengangkatan dirinya selaku Uskup terpilih Keuskupan Maumere, bersama Uskup Agung Ende Mgr Vincentius Sensi Potokota dan Uskup Emeritus Keuskupan Maumere Mgr Kherubim Parera, disaksikan oleh Provinsial SVD Ende Pastor Lukas Jua, SVD dan Nuncio Mgr Piero Pioppo.

Selanjutnya dilangsungkan pemberkatan insignia (peralatan liturgi) berupa mitra dan tongkat untuk penggembalaan Uskup. Secara simbolik dilangsungkan penyerahan salib dan rantai dari Mgr Kherubim Parera kepada Mgr Ewaldus.

Berikut ini beberapa foto hasil liputan langsung Shirly Krissenziya dari Maumere, mulai dari penyambutan para Uskup Gereja Katolik Indonesia hingga menjelang upacara Salve Agung pentahbisan Uskup Maumere, dibagikan untuk anda, pembaca setia Hidupkatolik.com.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua panitia tahbisan Uskup Maumere, Dr. Gery Gobang, S.Fll, MA, Jumat (20/7/2018), mengatakan, Duta Besar Vatikan akan hadir sebagai uskup pentahbis bersama para uskup lainnya.

Gery menjelaskan bahwa salve agung merupakan upacara persiapan batin uskup terpilih dan umat menjelang tahbisan. Pada saat ibadat salve agung, semua perlengkapan uskup diberkati dan disucikan. Salve dari bahasa Latin yang berarti salam.

Disampaikan pula oleh Gery, sebagaimana dilansir dari laman kupang.tribunnews.com, bahwa Duta Vatikan Mgr Piero Piopo dan para uskup akan kembali pada Kamis, 27/9. Acara akhir dari tahbisan uskup ialah misa pontifikal atau misa syukur yang akan berlangsung pada Minggu, 30/9, di Gereja Katedral St Yoseph Maumere.

 

Antonius Bilandoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here