Mata Iman

53
[Ilustrasi: www.lds.org]
Mata Iman
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com Pekan Biasa XXXII; Flm 1:7-20; Mzm 146; Luk 17:20-25

YESUS menegaskan, “Kerajaan Allah datang tanpa tanda-tanda lahiriah” (17:20) dan “sesungguhnya ada di antara kamu” (17:21). Kerajaan Allah mewujud dalam karya-karya Yesus, namun tidak mampu dilihat dan diterima oleh orang-orang Farisi karena hidup mereka terlalu penuh dengan diri sendiri.

Oleh sebab itu mereka bertanya, kapan Kerajaan Allah akan datang. Kerajaan Allah juga dinantikan sebagai kedatangan yang Yesus kedua kali dan masih akan terlaksana secara definitif.

Tidak dibutuhkan tanda-tanda lahiriah selain Yesus sendiri, yang seluruh hidup-Nya menjadi sakramen Kerajaan Allah. Lagi-lagi, hal ini tidak mampu ditangkap oleh mereka yang hidup dari mata jasmani. Kerajaan Allah itu perkara ilahi yang membutuhkan iman sebagai mata khusus guna melihat, menerima, dan mensyukurinya.

Banyak orang mengaku diri beriman, termasuk mereka yang sudah terlibat dalam berbagai aktivitas pelayanan, hidup berpusat kepada diri sendiri dan perkara-perkara duniawi, yang mendorongnya ingin selalu terlihat menonjol dimana-mana.

Hal tersebut sering berekor pada kekecewaan, kehampaan dan kesia-siaan karena telah menjauhkan mereka dari Kerajaan Allah. Sudahkah saya memohon mata iman untuk melihat Kerajaan Allah?

 

Monica Maria Meifung
Alumna Prodi Ilmu Teologi STF Driyarkara Jakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here