Jangan Hanya Fokus Capres-Cawapres

138
J. Kristiadi memaparkan materi seminar di hadapan umat Paroki Bintaro.
[Albertus Binardi B]
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Menjelang pesta demokrasi, perhatian umat jangan hanya tertuju kepada pemilihan presiden dan wakil presiden. Namun, dengan sistem pemilu serentak, umat juga harus mencari tahu biodata dan rekam jejak calon legislatif. “Banyaknya partai dan nama calon anggota, karena pemilu kali ini dilaksanakan secara serentak, pemilihan presiden dan anggota legislatif, terlebih untuk pemilih lanjut usia, pemula, dan difabel,” ujar pengamat politik dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS), J. Kristiadi, di aula Paroki St Matius Penginjil Bintaro, Tangerang Selatan, Minggu, 17/2.

Menurutnya, banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang calon legislatif yang berada di daerah pemilihannya. Selain itu, banyak warga juga yang belum mengetahui cara mencoblos yang sah ditambah banyak surat suara berwarna-warni yang akan mereka terima. Hal ini berbeda dengan calon presiden dan wakil presiden yang “bertarung”. Mayoritas masyarakat sudah mengetahui biodata dan rekam jejak dua pasangan calon pemimpin negeri lewat berbagai pemberitaan.

Maka, pada tahun elektoral seperti sekarang, Kristiadi menyarankan agar umat dan masyarakat membagikan informasi mengenai biodata dan rekam jejak para calon legislatif, lanjut Kristiadi, umat dapat membagikan informasi tersebut kepada semua orang. Dalam seminar Sosialisasi Pemilu Serentak 2019 Pilpres dan Pileg, Kristiadi mengajak umat untuk menjadi pemilih yang cerdas dan waspada terhadap hoax. Dalam beberapa pekan ini, banyak paroki dan komunitas kategorial juga menyelenggarakan kegiatan serupa.

Albertus Binardi B.

HIDUP NO.09 2019, 3 Maret 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here