Menjelang HUT ke-60, Unika Atma Jaya Jakarta: Belajar dari Masa Lalu untuk Merumuskan Masa Depan

393
A. Prasetyantoko (HIDUP/ Hasiholan Siagian)
Menjelang HUT ke-60, Unika Atma Jaya Jakarta: Belajar dari Masa Lalu untuk Merumuskan Masa Depan
4 (80%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.com – Rektor Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta, A. Prasetyantoko mengatakan, Atma Jaya ingin menjadikan HUTnya yang ke-60 yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2020 sebagai salah satu kesempatan terbaik untuk mengambil pelajaran dari masa lalu untuk merumuskan arah perjalanan selanjutnya.

“Meski zaman terus berubah, para penerus bertanggungjawab untuk membuat cita-cita pendirian Atma Jaya untuk tetap relevan. Bagaimana kami menerjemahkan semangat para pendiri dalam dinamika ruang dan waktu yang berbeda,” ujarnya dalam bincang-bincang dengan sejumlah pimpinan media massa di Jakarta, Selasa, 3/3/2020.

“Atma Jaya harus menjadi bagian yang utuh dari perjalanan bangsa ini dengan seluruh dinamikanya. Semangat Pancasila yang inklusif dan plural menjadi warna yan menonjol meskipun memilih nilai Katolik sebagai warna dasarnya,” kata Prasetyantoko lebih jauh.

Prasetyantoko, mengutarakan, sebagai universitas Katolik, Atma Jaya wajib mengikuti hukum Gereja. Bahwasanya semua Perguruan Tinggi yang menggunakan landasan Katolik wajib memperhatikan masyarakat yang terpinggirkan.

Menurutnya, di tengah perkembangan teknologi yang luar biasa cepat, dan kemampuan komputer memproses dan menyimpan meningkat, serta hadirnya teknologi di bidang big data, deep learning, Internet of Things dan derivasi kemajuan lainnya, Perguruan Tinggi menghadapi era-disrupsi dalam dua hal besar.

Dua hal besar tersebut, menurut Prasetyantoko,  adalah kemajuan teknologi pembelajaran dan seluruh disrupsi yang membawa implikasi baik positif maupun negatif. Dalam konteks ini, Unika Atma Jaya mempunyai tanggung jawab untuk turut memastikan berbagai kemajuan tanpa meninggalkan kelompok masarakat yang kurang beruntung.

“Di usia yang ke-60 ini, Atma Jaya ini juga memiliki tiga pilar program kerja, yaitu keunggulan akademik, transformasi organisasi, dan kepedulian sosial untuk pengembangan universitas dengan karakteristik profil lulusan yang menguasai bidang digital, berwawasan global, dan memiliki kepedulian pada masyarakat,ujar pengamat ekonomi ini.

Sementara itu, Steve Ginting selaku Ketua Steering Committee, menjelaskan, tema besar perayaan HUT ke-60 akan diterjemahkan ke dalam rangkaian kegiatan sepanjang tahun 2020 ini. Kegiatan akan dilaksanakan di tiga kampus yaitu Kampus Semanggi (Center for Nation Development), Kampus Pluit (Center for Health Development), Kampus Bumi Serpong Damai (Center for Human Development), dan Rumah Sakit Atma Jaya Pluit. Puncak perayaan akan digelar pada tanggal 11 Juni 2020.

Sehubungan dalam rangka lustrum XII, Atma Jaya mempersembahkan sarasehan yang bertajuk “Merawat Visi Atma Jaya Melintasi Generasi: Belajar Dari Para Pendahulu” yang akan diselenggarakan pada Kamis 5 Maret 2020 pukul 10.00 – 12.00 WIB di Gedung Yustinus, Kampus Atma Semanggi, Jakarta.

Hasiholan Siagian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here