Paus Fransiskus Tunjuk Nunsius Baru Filipina

78
Paus Fransiskus dan Nunsius Charles John Brown di Vatikan pada bulan Desember 2018.| Dok. Vatican News
Paus Fransiskus Tunjuk Nunsius Baru Filipina
3.3 (66.67%) 3 votes

HIDUPKATOLIK.COM—Paus Fransiskus sudah menunjuk duta apostolik baru untuk Filipina pada Senin, 28/9. Ia telah memutuskan untuk memindah tugaskan Uskup Agung kelahiran Amerika Serikat, Mgr. Charles John Brown, yang saat ini bertugas sebagai Nunsius Apostolik untuk Albania menjalani misi diplomatik Takhta Suci di Filipina. Di sana, ia akan menetap di Manila.

Diketahui jabatan nunsius apostolik di Filipina telah kosong sejak 16 Desember 2019, ketika Paus memindahkan Nunsius Gabriele Giordano Caccia ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York sebagai kepala misi pengamat permanen Takhta Suci.

Nunsius Charles John Brown lahir pada 13 Oktober 1959 dan ditahbiskan sebagai imam Keuskupan Agung New York pada 13 Mei 1989. Sebelum datang ke Roma, ia bekerja sebagai asisten pastor Paroki Gereja St. Brendan di Bronx.

Pada bulan September 2009, ia diangkat sebagai asisten sekretaris Komisi Teologi Internasional, yang membantu Takhta Suci, terutama Kongregasi Ajaran Iman dalam memeriksa pertanyaan-pertanyaan doktrinal yang sangat penting.

Pada 26 November 2011, Paus Benediktus XVI mengangkatnya menjadi Nunsius Apostolik untuk Irlandia. Paus Benediktus menahbiskannya menjadi uskup pada Hari Epifani, 6 Januari 2012. Kemudian, Paus Fransiskys menunjuknya sebagai Nunsius Apostolik untuk Albania pada 9 Maret 2017.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here