Paus Fransiskus Divaksin Covid-19

63
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.COMPaus Fransiskus menerima dosis pertama vaksin Covid-19 pada Rabu pagi, 13/1, sebut sumber Vatikan kepada America The Jesuit Review. Hal yang sama juga diberitakan oleh romereports.com. Di aula Paulus VI, tempat Paus biasanya mengadakan acara publik, Paus Fransiskus menerima dosis pertama vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Pfizer. Paus berusia 84 tahun itu akan menerima dosis kedua dalam waktu sekitar tiga minggu.

Setelah menerima dosis vaksin, Vatikan meluncurkan kampanye vaksinasi. Paus adalah salah satu orang pertama yang menerima suntikan vaksin itu, tetapi momen itu tidak tertangkap kamera untuk menghormati privasinya. Meskipun demikian, Kantor Pers Vatikan belum mengkonfirmasi secara resmi.

Direktur kantor pers Vatikan, Matteo Bruni, mengatakan kepada pers dalam sebuah pernyataan, “kampanye vaksinasi terhadap Covid-19 dimulai pagi ini di atrium aula audiensi Paulus VI.” Ia mengatakan prosedur dilakukan sesuai dengan apa yang sudah dikomunikasikan oleh Petunjuk Kesehatan dan Kebersihan dari Negara Kota Vatikan. Ia tidak memberikan informasi lebih lanjut.

Vatikan menyediakan foto untuk pers di atrium yang disiapkan secara khusus di mana responden pertama Vatikan, karyawan dan anggota keluarga mereka, serta pensiunan kardinal dan pejabat, akan menerima vaksin Pfizer-Biontech. Vaksin Pfizer menurut para peneliti dan pejabat Gereja lebih sehat secara moral daripada pilihan lain seperti vaksin AstraZeneca karena jumlah saluran sel yang digunakan diambil dari janin yang diaborsi.

Dalam wawancara yang disiarkan di televisi Italia Minggu lalu, Paus Fransiskus mengumumkan bahwa dia telah mendaftar untuk menerima vaksin dan berkata, “Saya percaya bahwa setiap orang harus menerima vaksin; itu adalah pilihan etis karena kesehatan Anda, hidup Anda dipertaruhkan dan juga Anda mempertaruhkan nyawa orang lain. ” Bapa Suci menambahkan, “Minggu depan kami akan mulai melakukannya di Vatikan, dan saya telah memesan tempat. Saya akan menerimanya.”

Di sisi lain, kantor berita Katolik Jerman KNA melaporkan bahwa Paus Emeritus Benediktus XVI yang berusia 93 tahun, juga berencana untuk menerima vaksin segera setelah tersedia di Negara Kota Vatikan. Sekretaris Paus Emeritus Benediktus XVI, Mgr. Georg Ganswein, mengatakan kepada KNA pada 11 Januari bahwa semua orang di biara “Mater Ecclesiae” juga ingin divaksinasi.

Tiga kardinal Vatikan telah terinfeksi Covid-19 sejak musim semi lalu: Kardinal Luis Tagle, Giuseppe Bertello dan Konrad Krajweski. Pejabat Vatikan lainnya, baik imam dan umat awam, juga telah terinfeksi, serta anggota Garda Swiss, tetapi nama mereka belum diungkapkan karena alasan privasi. Kardinal asal Italia juga telah terinfeksi termasuk Kardinal Gualtiero Bassetti (sekarang sudah pulih sepenuhnya) dan Kardinal Crescenzio Sepe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here