PAUS MENYAPA TAREKAT SEKULIR

31
Paus Fransiskus dalam Audiensi Umum, Rabu, 24/8.
[Radio Vatikan]
PAUS MENYAPA TAREKAT SEKULIR
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – PAUS Fransiskus secara khusus menyapa para peserta Sidang Umum Konferensi Tarekat Sekulir Dunia dalam Audiensi Umum di Lapangan St Petrus Vatikan, Rabu, 24/8. Bapa Suci berharap agar Tahun Yubileum menjadi kesempatan yang penuh rahmat dan pembaruan spiritual, seperti dilansir Radio Vatikan, (24/8).

Menurut Kitab Hukum Kanonik (KHK) Kanon 710, “Tarekat Sekulir adalah tarekat hidup bakti, dimana umat beriman Kristiani yang hidup di dunia mengusahakan kesempurnaan cinta kasih dan juga berusaha untuk memberikan sumbangan bagi pengudusan dunia, terutama dari dalam.” Dengan pembaktian hidup dan dirinya, para anggota Tarekat Sekulir tidak mengubah kedudukan kanoniknya di antara umat Allah, dengan tetap mengindahkan berbagai ketentuan hukum yang terkait dengan tarekat hidup bakti (lih. KHK Kan.711).

Konferensi Tarekat Sekulir Dunia didirikan tahun 1972. Lembaga ini secara rutin mengadakan Sidang Umum setiap empat tahun sekali, yang dihadiri oleh seluruh Pimpinan Umum dari berbagai Tarekat Sekulir seluruh dunia, baik pimpinan di tingkat nasional maupun internasional. Tahun ini, mereka menggelar Sidang Umum di Roma pada Minggu-Kamis, 21-25/8.

Bapa Suci menggaungkan pesan agar menggunakan dan memanfaatkan kesempatan istimewa pada Tahun Yubileum ini. Ia berharap, para anggota Tarekat Sekulir menjadikan Tahun Yubileum sebagai waktu yang istimewa untuk melakukan pembaruan spiritual dan mencecap rahmat Allah yang selama ini telah tercurah.

R.B.E. Agung Nugroho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here