RIP Bapak Rufinus Lahur, Mantan Ketua Yayasan Hidup Katolik

550
Alm.Drs. Rufinus Lahur, MM dalam goresan pensil Paulus Lahur (10/04/15)
RIP Bapak Rufinus Lahur, Mantan Ketua Yayasan Hidup Katolik
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Berita lelayu: telah meninggal dunia, Drs. Rufinus Lahur, MM , Advisor Yayasan BINA NUSANTARA (BINUS) dan mantan Ketua Yayasan Hidup Katolik pada Selasa 26 Desember pukul 17.40, di RS St. Carolus, Jakarta dalam usia 79 tahun.  Sampai akhir hayat hidupnya, Bapak Rufinus Lahur tetap semangat dan mengasuh mata kuliah Organizational Behaviour and Leadership di Universitas BINUS dan salah satu anggota pengawas dari Yayasan Ende Flores (YEF, yayasan yang bertanggung jawab terhadap renovasi situs Bung Karno di Ende).

Lahir di Tenda Ruteng Flores tanggal 15 Juli 1938, melanjutkan pendidikan di Ende-Flores, Timor, Sulawesi Utara, dan Malang Jawa Timur, sebelum mendapat beasiswa penuh dari Ibu Rektor Pertama BINUS, Dr Theresa Widia Soerjaningsih, untuk ambil Program Magister Manajemen.

Selain di BINUS, selama 30 tahun Bpk Rufinus berkarir di Centre for Strategic and International Studies (CSIS) dengan posisi penting diantaranya, Ketua Departemen Sosial Budaya, Direktur Administrasi, Editor Jurnal Analisis CSIS (1990-1999). Dia juga pernah mengikuti Political and Social Leadership Training di Jerman (1967) dan membangun kerjasama BINUS dengan Curtin University (1996).

Alm.Drs. Rufinus Lahur, MM dalam sebuah workshop meningkatkan kinerja akademik untuk mahasiswa Binus tahun pertama (sumber: https://english.binus.ac.id)

Dalam bidang organisasi aktif di PMKRI (Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia) dan Pemuda Katolik. Bapak Rufinus Lahur menikah dan dikarunia lima (5) anak, satu lelaki dan empat perempuan (DR. Paul Lahur, Tina Lahur, Sisca Lahur, Esi Lahur, Lisa Lahur).

Info RIP Rufinus Lahur di rumah duka St.Carolus (foto: Petrus L)

Saat ini Jenazah Bapak Rufinus disemayamkan di Rumah Duka Carolus ruang Lasarus. Rabu lalu (27/12/2017) di Rumah Duka Carolus telah diadakan misa pukul 19.30 yang dipimpin Romo Alex Lanur. Dan setiap malam sampai penutupan peti akan diadakan misa pukul 19.30. Sementara misa penutupan peti rencananya akan dilakukan pada hari Jumat 29 Desember 2017 pukul 19.30 WIB.

Penguburan rencananya pada Senin 1 Januari 2018 di pemakaman San Diego Hills, Karawang (mansion U.CR.MB.SP.A03-2), sesuai informasi yang dicantumkan pada laman elektroniknya, bapak Rufinus Lahur meninggal dunia pada usia 79 tahun di 26 Desember 2017, akan dimakamkan pada Senin, 1 Januari 2018 pukul 11.30 WIB, dan akan mulai diberangkatkan dari Rumah Duka Carolus pukul 10.00 WIB.

Dalam konfirmasinya, Petrus Lakonawa (program development specialist dan pembina organisasi kerohanian mahasiswa) dari Universitas Binus turut menyampaikan bahwa almarhum selain pernah menjabat sebagai anggota DPR-GR (Dewan Perwakilan Rakyat Gotong Royong), juga menulis buku “Ende-Bung Karno Encourage You” To Explore Dynamic Life (Key Words) yang ditujukan untuk para aktivis mahasiswa/ pelajar, yang didalamnya menyebutkan biografi singkat almarhum:

  • Lahir di Ruteng, Flores, 15 Juli 1938, menikah, mempunyai 1 anak laki-laki dan 4 perempuan
  • Memperoleh gelar Doktorandus (drs.) dari IKIP Malang (1967) dan Magister Manajemen, Jakarta (1999)
  • 1960-1967: Ketua Organisasi Intra dan Extra universitas, pemuda dan kemasyarakatan (mulai daerah Tingkat II, Provinsi dan Nasional)
  • 1967-1970: anggota DPR-GR (Dewan Perwakilan Rakyat Gotong Royong) wakil Partai Katolik
  • 1970-2001: staf senior CSIS
  • 1982: Ketua Tim Ahli Pembinaan Mahasiswa Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi
  • 1981-1990: Anggota Kelompok Kerja Dewan Pertahanan Keamanan Nasional
  • Motto Hidup: continuously enlightening myself, in order to enlighten the others, to be themselves! (Terus mencerahkan diri saya, untuk mencerahkan yang lain, menjadi diri mereka sendiri!)

Selamat jalan Bapak Rufinus, semoga bahagia bersama para kudus di Surga.

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here