Surat Permandian Jadi Mas Kawin

115
Surat Permandian Jadi Mas Kawin
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Pengasuh yang terkasih. Bagaimana cara yang bijaksana dan termudah untuk mengajak pacar masuk agama Katolik tanpa paksaan? Apakah boleh nanti saya minta Surat Permandian-nya sebagai mas kawin?

Dorotea Anggraeni, Yogyakarta

Salam sejahtera dan salam kenal! Setelah mencoba membaca dan memahami pertanyaanmu, tampaknya sangat perlu berhati-hati untuk mengambil keputusan ataupun mengambil tindakan dari permasalahan tersebut. Saya menanggapi hal kedua terlebih dulu, yaitu meminta Surat Permandian pasangan sebagai mas kawin. Hal ini saya rasa kurang bijak untuk dilakukan.

Yesus pernah bersabda agar kita tak perlu memamerkan iman, misal berpuasa atau berpantang, kepada orang lain. Demikian juga saya rasa tak perlu kamu menunjukkan kepada masyarakat bila calon suamimu berpindah keyakinan, seturut keinginanmu sebelum kalian menikah. Apalagi dengan menjadikan Surat Permandian-nya sebagai mas kawin.

Bila calon suamimu menjadi Katolik, kita wajib bersyukur dan bertindak lebih baik lagi, agar dia semakin menyadari bahwa agama yang dianutnya memang baik, dan tunjukkan tindakan terpujimu kepadanya. Kalau seperti itu bagaimana cara termudah dan bijaksana agar pasanganmu tertarik dan menjadi Katolik?

Langkah awal yang kamu lakukan adalah instropeksi diri. Sudah seberapa dalam kamu mengenal dan memahami pacarmu? Kamu juga harus memantapkan dan meyakinkan diri sendiri bahwa memang dialah suamimu kelak. Jika kamu amat dalam mengenal pacarmu, paling tidak kamu juga mengetahui sikap pacar terhadap perbedaan agama di antara kalian berdua. Sebaiknya kamu juga memahami, apakah ada tanda-tanda dia tertarik menjadi Katolik tertarik?

Jika kamu belum memahami, sebaiknya pelan-pelan memahami terlebih dulu secara hati-hati agar tak menyinggung perasaannya. Kita tak boleh memaksa orang lain untuk memilih keyakinan yang kita anut. Sembari memahami soal perbedaan agama di antara kalian, kamu bisa pelan-pelan memintanya untuk mengantar dan menjemputmu ke gereja. Bila dia semakin tertarik dengan Katolik, kemungkinan mau diajak masuk ke gereja meskipun seka dar menemanimu. Selain itu, terbukalah kepadanya jika kamu ada kegiatan di gereja dan meminta bantuan kepadanya untuk mengantar-menjemput atau terlibat bersamamu di sana. Andaikan dia keberatan, kamu jangan memaksa apalagi marah kepadanya. Tunjukkan perilaku yang baik dan penuh kasih, yang dapat menunjukkan kebaikan agama Katolik. Sekali lagi janganlah memaksa pacarmu untuk berpindah atau mengikuti agamamu. Semua hal butuh proses.

Hati-hati dan jangan terburu-buru terhadap hal amat sensitif seperti itu. Jangan sampai bila dipaksakan dan dengan cara tak baik bakal memperburuk hubungan kalian berdua. Tetaplah bersabar dan penuh kasih menjalin hubungan. Niscaya akan indah pada waktunya.

Emiliana Primastuti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here