Uskup KAJ Mengunjungi Warga Binaan Lapas Pemuda

281
Uskup Agung Jakarta, Mgr. Ignatius Suharyo mengunjungi Lapas Pemuda Klas IIA Tangerang untuk menyapa dan berbagi sukacita natal kepada 225 warga binaan dalam acara St. Helena Makan Sore Natal (MSN) 2018. [dok.Andi Janto Singgih]
Uskup KAJ Mengunjungi Warga Binaan Lapas Pemuda
1 (20%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.COM – Tepat di Hari Natal 2018, Uskup Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) Mgr. Ignatius Suharyo datang berkunjung ke Lapas Pemuda Klas II A Tangerang untuk menyapa dan berbagi sukacita natal kepada 225 warga binaan yang beragama Kristen dan Katolik di acara St. Helena Makan Sore Natal (MSN) 2018.

Acara St Helena MSN 2018 yang diselenggarakan oleh KPK St. Helena Paroki Curug berkolaborasi dengan HAAK St. Helena, Panitia Natal St. Helena, Seksi Kepemudaan St. Helena dan Komunitas Kasih Tuhan (KKT) KAJ ini dikhususkan untuk menyapa warga binaan di Lapas Pemuda Tangerang. Dan acara ini menjadi salah satu dari 18 spot lokasi penyelenggaraan Gerakan Makan Siang Natal KAJ di tahun 2018.

KehadiranBapaUskupdi dalam acara St. Helena MSN 2018 yang bertema “Joy in Diversity: Kita Bhinneka, Kita Indonesia”, disambut oleh Jumadi (Kepala Lapas Pemuda Tangerang) beserta jajarannya, Pastor Teguh Santosa SJ (Pastor Paroki Tangerang), Pastor Cornelius Balok Priyanto Basuki OSC (Pastor Paroki Curug), Clementinus Pungky Prasetyo (Wakil Dewan Paroki Curug), Michael Shah (Ketua Panitia St. Helena Makan Sore Natal 2018), dan Andi Janto Singgih (Koordinator MSN KAJ 2018 dan Ketua Komunitas Pria Katolik-KPK St. Helena Paroki Curug.

Dalam sambutannya Mgr. Ignatius Suharyo, Uskup Keuskupan Agung Jakarta mengajak warga binaan untuk menghargai kehidupan dengan penuh hikmat, sesuai tema Natal 2019 “Yesus Kristus adalah hikmat bagi kita”. Lebih lanjut Uskup Agung Jakarta juga menyoroti perilaku konsumerisme dalam masyarakat sekarang ini.

“Manusia adalah ciptaan yang sangat bermartabat, namun demikian dalam sejarah perjalanan manusia, martabat itu dirusak oleh faktor-faktor lain. Kehidupan manusia juga selalu diliputi perilaku konsumerisme, maka akibatnya hidup manusia direndahkan oleh hal-hal yang terkait dengan materi,” ungkap Mgr. Ignatius Suharyo.

Di dalam acara St. Helena MSN 2018 ini, Bapa Uskup juga memberkati Salib Korpus Kayu Hitam Sonokeling dan Patung Devosional St. Joseph berukuran 1 meter yang akan digunakan sebagai sarana berdoa dan berdevosi bagi para warga binaan di Kapel Lapas Pemuda.

Dan di puncak acara, Bapa Uskup juga mendoakan dan memberkati keluarga warga binaan Kristen dengan inisial RS, yang sebelumnya sudah diaturkan panitia untuk mengalami perjumpaan surprise dan tanpa direncanakan, dengan istri dan anaknya dipanggung acara.

Peristiwa perjumpaan ini menjadi momen cinta yang menyentuh dimana istri dan anak RS secara diam-diam dihadirkan di dalam Lapas, untuk alami perjumpaan indah, special dan surprise dengan RS di Hari Natal.

Menutup acara kunjungan di Lapas Pemuda Tangerang,  Bapa Uskup menyapa, memberikan salam sambil berjabat tangan satu persatu dengan semua warga binaan yang sedang menikmati sajian makanan spesial di hari Natal.

Bapa Uskup menyatakan kegembiraan dan sukacitanya bisa hadir menyapa para warga binaan di acara St. Helena MSN 2018 yang digelar perdana di Lapas Pemuda Tangerang.

“Saya senang boleh hadir menyapa para warga binaan di Hari Natal dan saya mengucapkan terimakasih kepada panitia yang telah mengupayakan terselenggaranya acara Makan Sore Natal bersama para warga binaan ini,” ujar Mgr. Ignatius Suharyo sesaat sebelum masuk ke dalam mobil yang akan mengantarkannya kembali pulang ke Wisma KAJ.

 

Andi Janto Singgih

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here