Renungan Harian 20 Oktober 2021 “Menjadi Pemimpin yang Bertanggung Jawab”

176
Ilustrasi (Dok. coldcasechristianity.com)
Rate this post

HIDUPKATOLIK.COM – Hari Biasa, Rm. 6:12-18; Mzm. 124:1-3, 4-6, 7-8; Luk. 12:39-48

PERHATIAN Yesus hari ini terarah kepada para pemimpin jemaat. Mereka adalah orang-orang pilihan. Tuhan memanggil para pemimpin jemaat untuk menjaga dan membimbing umat-Nya, serta untuk menjadi pelayan bagi mereka. Peringatan keras diberikan kepada para pemimpin jemaat yang tidak bertanggung jawab, yakni mereka yang melalaikan
tugas-tugasnya. Alih-alih menjaga umat, mereka malah bersikap masa bodoh dan mementingkan kesenangan sendiri. Alih-alih melayani, mereka malah minta dilayani. Mereka inilah hamba-hamba yang jahat, yang tidak siap sedia menantikan kedatangan Anak Manusia. Hukuman bagi mereka akan sangat keras. Mereka mendapat kepercayaan lebih dari yang lain, sehingga harus bertanggung jawab lebih dari yang lain pula.

Banyak orang berlomba-lomba menjadi pemimpin. Setelah berhasil, sayangnya orang-orang itu menunjukkan bahwa mereka bukan pemimpin yang baik dengan melakukan korupsi, bersikap egois, dan membuat kebijakan-kebijakan yang menyedihkan. Mari mengubah persepsi. Menjadi pemimpin bukan berarti diberi kekuasaan demi keuntungan sendiri, melainkan diberi tanggung jawab demi kesejahteraan bersama.

Jarot Hadianto , Unit Naskah dan Penerbitan Lembaga Biblika Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here