Anak-anak Berdoa di Sekolah Katolik Yerusalem untuk Perdamaian di Tanah Suci

84
Anak-anak berdoa untuk perdamaian di Sekolah Terra Sancta di Yerusalem.
Rate this post

HIDUPKATOLIK.COM – Sekolah Menengah Terra Sancta mengadakan doa khusus bagi anak-anak Yerusalem untuk mendoakan perdamaian, dan Penjaga Tanah Suci menyebut inisiatif ini sebagai bagian dari pendidikan mereka tentang nilai persaudaraan.

“Dibutuhkan keberanian untuk menciptakan perdamaian, lebih dari sekedar berperang,” menurut Lara, seorang siswa SMA di Sekolah Terra Sancta dengan nada yang tulus namun penuh tekad.

Sekitar 400 siswa, mulai dari usia prasekolah hingga sekolah menengah atas, berkumpul pada Sabtu (4/11) pagi di halaman Sekolah Menengah Terra Sancta di Yerusalem untuk berdoa bagi perdamaian dan keselamatan teman-teman mereka di Gaza.

Inisiatif ini bukan tentang anak-anak, namun tentang membiarkan anak-anak berbicara sendiri.

Kata-kata mereka mengandung intensitas luar biasa yang juga menunjukkan kesadaran mendalam dan kedewasaan anak-anak muda ini. Mereka yang tumbuh di sini tidak diragukan lagi dipaksa untuk menjadi dewasa lebih cepat dibandingkan di tempat lain.

“Pagi ini, siswa kami berdoa untuk semua anak, tidak hanya anak-anak di Gaza tetapi juga anak-anak di Jenin dan Tel Aviv. Karena semua anak Tanah Suci, baik Palestina atau Israel, menderita sekarang,” kata Pastor Ibrahim Faltas, direktur 19 sekolah Katolik yang dikelola Penjaga Tanah Suci.

Anak-anak berdoa, menyanyi, membacakan himne dan puisi, dengan nada crescendo yang menggugah hati setiap orang yang hadir.

Belajar hidup damai

“Anak-anak dan remaja ini tinggal di Yerusalem Timur,” kata Penjaga Tanah Suci, Pastor Francesco Patton, “tetapi mereka merasakan rasa persaudaraan yang sesungguhnya dengan rekan-rekan mereka yang berada di dekat medan perang. Banyak dari mereka adalah Muslim, tetapi pagi ini mereka sangat bahagia saat membacakan kata-kata perdamaian dari St. Fransiskus.”

Pastor Patton mengatakan doa perdamaian merupakan bagian dari upaya Sekolah Terra Sancta untuk mengajar anak-anak hidup bersama dalam damai dan menghargai nilai-nilai ensiklik Fratelli Tutti Paus.

“Kita semua adalah saudara dan saudari,” katanya. “Jadi, doa khusus pagi ini sangat terucap dengan doa yang berbeda-beda sesuai dengan kelas anak-anak yang berbeda, namun fokusnya selalu pada perdamaian.”

Mendidik nilai-nilai persaudaraan

Dia menjelaskan bahwa doa tersebut hanya berfokus pada perdamaian dan tidak mengandung kata-kata yang mendukung atau membenarkan kekerasan.

“Saya pikir ini adalah bagian yang sangat penting dari pendidikan anak-anak, karena dalam masyarakat yang kompleks dan dalam masyarakat yang penuh konflik, penting untuk mendidik nilai-nilai perdamaian dan persaudaraan,” kata Penjaga Tanah Suci.

Pastor Patton mencatat bahwa sekitar 60.000 anak bersekolah di sekolah Katolik yang dikelola oleh Saudara Dina dan Patriarkat Latin Yerusalem, dan mengatakan bahwa sekolah tersebut adalah “sekolah perdamaian”.

“Mereka adalah satu-satunya harapan nyata agar negeri ini suatu hari nanti bisa mewujudkan masa depan yang damai,” tambahnya.

Di antara banyak plakat yang digambar tangan saat doa Sabtu, ada satu plakat yang menggambarkan seorang anak kecil yang menepuk punggung ayahnya, dengan tulisan:

“Jangan menangis, Baba (Ayah). Bom tidak akan mencapai tempat saya sekarang.” **

Roberto Cetera/Devin Watkins (Vatican News)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here