Renungan Rabu, 2 November 2016 : Melihat dan Percaya

38
[sabbathpearl.blogspot.com]
Renungan Rabu, 2 November 2016 : Melihat dan Percaya
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com - Pekan Biasa XXXI; 2Mak 12:43-46; Mzm 130; 1Kor 15:12-34; Yoh 6:37-40

DALAM peringatan arwah-arwah orang beriman, Yesus mengungkap salah satu rahasia terbesar dari Bapa-Nya yang diberikan kepada-Nya. Rahasia kehendak Bapa diungkap dengan bagus sekali dalam ayat 39 dan 40. Dua ayat ini punya kesamaan sekaligus perbedaan.

“Supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman” (Yoh 6:39). Di sini Bapa mempercayakan manusia kepada Yesus, supaya manusia-manusia ini jangan ada yang hilang. Ada relasi luar biasa yang mengungkap hubungan keesaan Bapa dan Anak, yaitu satu rencana yang sama dan ikatan saling percaya. Bagi Yesus, umat manusia adalah anugerah atau pemberian dari Bapa-Nya, yang harus Ia jaga supaya manusia bisa kembali kepada Bapa.

Di ayat 40, Yesus mengungkap lebih dalam lagi rahasia Bapa-Nya dengan berkata, “Supaya setiap orang, yang melihat Anak dan percaya kepada-Nya beroleh hidup kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman.” Di sini Yesus mengungkap apa yang harus kita lakukan untuk sampai kepada Bapa, yaitu melihat Anak dan percaya kepada-Nya.

Dengan iman yang demikianlah kita percaya dan yakin bahwa arwah saudara-saudari yang telah berpulang kini telah dibangkitkan Yesus dan masuk ke dalam Rumah Bapa.

Romo Josep Ferry Susanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here