Renungan Rabu, 11 Januari 2017 : Karya Tuhan

[st-takla.org]

HIDUPKATOLIK.com – Pekan Biasa I; Ibr 2:14-18; Mzm 105; Mrk 1:29-39

SETELAH karya penyembuhan yang pertama, berita tentang nama-Nya mungkin menjadi semakin terkenal sehingga dikatakan bahwa “seluruh penduduk kota itu berkerumun di depan pintu” (ay. 33). Yesus menyembuhkan banyak orang sakit dan mengusir roh-roh jahat. Mungkin gambaran ini agak terlalu berlebih-lebihan. Tetapi kemudian ada yang menarik dari cerita ini.

Diceritakan bahwa pagi-pagi benar Yesus pergi ke tempat terpencil dan berdoa. Murid-murid-Nya mencari dan ketika menemukan Dia, mereka melaporkan bahwa semua orang mencari Dia. Apa jawaban Yesus? Bukannya mengatakan kesediaan-Nya untuk datang dan menyembuhkan mereka, Yesus malah memberi jawaban yang mungkin mengherankan. Yesus justru mengajak para murid pergi ke tempat lain. Kalau demikian, maka pasti ada orang-orang sakit, bahkan mungkin ada yang sakit parah, dan hampir mati, yang mengharap kesembuhan dari Yesus, tetapi ternyata mereka tidak mendapatkan nya. Lalu bagaimana dengan nasib mereka? Penginjil tidak bicara sepatah kata pun tentang mereka.

Lalu? Tak jarang orang mempunyai gambaran yang (terlalu) ideal tentang Tuhan. Tetapi bisa jadi juga bahwa gambaran tersebut sebenarnya merupakan sebuah cerminan dari pengharapan kita akan Tuhan. Tuhan mestinya bertindak begini atau begitu! Mungkin lebih baik kita membiarkan Tuhan menampilkan diri-Nya sendiri daripada kita kecewa karena gambaran kita tentang Tuhan tidak kesampaian.

V. Indra Sanjaya

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*