Merambah Ekonomi Berbasis Digital | | HIDUPKATOLIK.com

Merambah Ekonomi Berbasis Digital

Hidup TV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band dan juga dapat ditonton secara Streaming di Komputer dan Handphone dengan mengakses www.Hidup.tv

Para pembicara dalam diskusi Sinergi Umat Mewujudkan Pembangunan.
[HIDUP/Antonius E. Sugiyanto]
Merambah Ekonomi Berbasis Digital
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – TANTANGAN bangsa saat ini sungguh luar biasa. Kesenjangan ekonomi begitu lebar, persediaan pangan tak menentu, mengakibatkan bangsa ini masih mengimpor bahan makanan. Tak hanya itu, Pancasila sebagai ideologi negara juga terancam keberadaannya. Demikian pendapat Paul Soetopo Tjokronegoro dalam diskusi di Kantor Konferensi Waligereja Indonesia Jakarta, Sabtu, 10/6.

Paul menyimpulkan, solusi persoalan ekonomi ini adalah koperasi. Indonesia, lanjut Paul, kini sudah masuk dalam era ekonomi digital. Merambahnya sistem ekonomi berbasis online, membuat sejumlah mal mulai sepi pengunjung. Karena itu, ia menyarankan, koperasi semestinya dapat dilengkapi dengan sistem digital untuk mendekatkan produsen dengan konsumen. “Ekonomi digital mendekatkan supply dengan demand,” tandasnya.

Saat ini, imbuh Paul, jalur distribusi barang dari produsen kepada konsumen amat panjang, sehingga harga yang dipatok untuk pembeli sangat tinggi. Kenyataan itu kian diperparah dengan perilaku buruk para rentenir atau tengkulak. “Petani menjadi pihak yang paling dirugikan.”

Diskusi ini merupakan pertemuan lanjutan di Unika Atma Jaya Jakarta, April lalu. Inisiator pertemuan, Bambang Ismawan berharap, hasil pertemuan itu bisa menggerakkan partisipasi umat untuk mewujudkan pembangunan dari pinggiran.

Antonius E. Sugiyanto

Comments on Facebook