Upaya Memperdalam Gerakan Ekumenis

150
Paus bertemu dengan perwakilan Dewan Gereja-gereja Sedunia. (Radio Vatikan).
Upaya Memperdalam Gerakan Ekumenis
3 (60%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.com – PAUS Fransiskus menerima kunjungan Sekretaris Jenderal Dewan Gereja-gereja Sedunia (World Council of Churches/WCC), Pendeta Olav Fykse Tveit didampingi Moderator Komite Pusat WCC Agnes Abuom dari Kenya. Mereka bertemu secara pribadi dengan Paus pada Kamis, 24/8. Paus didampingi Presiden Dewan Kepausan untuk Persatuan Umat Kristen, Kardinal Kurt Koch, seperti diberitakan Radio Vatikan, (25/8).

Dalam pertemuan itu, mereka membahas usaha-usaha memperdalam gerakan ekumenis. Mereka juga membahas tantangan global tentang iklim dan keadilan ekonomi, serta peran pemimpin agama dalam mencari solusi damai terhadap beragam konflik di dunia. Setelah pertemuan, Pendeta Tveit berkata, “Saat ini, gerakan ekumenis masih sangat relevan. Kami mencoba menyatukan tujuan agar menjadi suara yang lebih efektif di tengah dunia yang semakin terkotak-kotak dan rapuh ini.” Pertemuan ini juga merencanakan perjumpaan serupa pada tahun depan.

Sebelum bertemu Paus, rombongan WCC ini mengunjungi markas Komunitas Sant’ Egidio. Mereka bertemu dan berbincang dengan dua pengungsi Kristen dan dua Muslim yang selamat dari perjalanan berbahaya melintasi Laut Mediterania untuk mencari pekerjaan di Italia.

WCC yang berbasis di Jenewa, Swiss beranggotakan 348 Gereja dari beragam denominasi di seluruh dunia. Lembaga ini bertujuan untuk mempromosikan kesatuan penuh di antara semua orang Kristen.

Y.Prayogo

1 COMMENT

  1. Paus telah bersusah payah merendahkan diri begitu rupa demi persatuan gereja2. Kita semua bisa membantu dengan bekerja sama dengan sdr2 Protestan, dan berdoa bersama. Jangan menghambat upaya paus kita dengan berdebat teologi dan doktrin dengan sdr2 Protestan, tentang ibu Maria dll., yg umumnya hanya bertujuan menepuk dada dan berkata “saya benar, kamu salah.” Dialog itu baik, tapi hindari perdebatan… Amin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here