Tahbisan Imam Pertama Oleh Mgr Henricus Pidyarto Gunawan OCarm Sebagai Uskup Malang

419
Mgr. Henricus Pidyarto Gunawan, O. Carm menahbiskan tiga diakon menjadi imam di Gereja Katedral Santa Perawan Maria dari Gunung Karmel Ijen, Malang.
Tahbisan Imam Pertama Oleh Mgr Henricus Pidyarto Gunawan OCarm Sebagai Uskup Malang
5 (100%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.com – Banyak tugas yang diemban oleh para imam. Dari sekian banyak tugas itu, tugas pertama para imam ialah mewartakan Injil.

Uskup Malang Mgr Henricus Pidyarto Gunawan, O. Carm menahbiskan tiga diakon menjadi imam di Gereja Katedral Santa Perawan Maria dari Gunung Karmel Ijen, Malang, Kamis, 25/8. Tiga diakon yang menerima rahmat tahbisan imam adalah Diakon Tarsisius Trio Juli Hermawanto dan Diakon Adrianus Fidelis Ely Surya Abadi dari Keuskupan Malang sedangkan Diakon Filipus Tulus dari Serikat Sabda Allah (SVD).

Mgr Pidyarto mengatakan bahwa beliau sudah mengikuti upacara tahbisan imam kesekian kalinya. Namun, upacara tahbisan imam kali ini merupakan upacara tahbisan imam di mana ia menjadi uskup sebagai penahbis untuk pertama kalinya.

Para imam memang memiliki banyak tugas yang dipercayakan kepada mereka. Mulai dari memimpin Perayaan Ekaristi, pemberian sakramen-sakramen, dan lain sebagainya. Namun, itu semua bukanlah tugas pertama bagi para imam. “Tugas para imam itu pertama-tama bukanlah merayakan liturgi di altar tetapi tugas pertama para imam ialah mewartakan Injil,” ungkap Mgr Pidyarto. Mereka sungguh diharapkan dapat mewartakan Injil dengan baik di kalangan umat. Mgr Pidyarto berharap, para imam baru benar-benar dapat menjadi imam yang baik di mana pun mereka ditugaskan.

Salah satu perwakilan dari orang tua tertahbis menyampaikan bahwa ada banyak hal unik yang jarang terjadi pada upacara tahbisan imam ini. Orang tua dari Romo Tulus mengatakan, Romo Trio berasal dari keluarga Muslim, Romo Surya merupakan satu-satunya putra asli dari stasinya yang menjadi seorang romo, dan Romo Tulus itu berasal dari salah satu pelosok kampung di Flores.

Sebelum memberikan berkat penutup, Mgr Pidyarto memberikan tugas perutusan untuk Romo Trio sebagai pastor rekan di Paroki Maria Bintang Samudra Situbondo dan Romo Surya sebagai pastor rekan di Paroki Maria Ratu Damai Banyuwangi sekaligus sebagai guru di SMAK Hikmah Mandala Banyuwangi. Sedangkan, Romo Tulus mendapat tugas perutusan dari Serikat Sabda Allah untuk bermisi di Brasil Selatan.

Leonard Brahmandika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here