Rapat Pastores KAJ 2018

166
Pembina Komisi PSE, Romo J. Sigit Prasadja, SJ menjelaskan APP 2018 (foto: HIDUP/ Felicia PH)
Rapat Pastores KAJ 2018
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Rapat Pastores KAJ 2018

RAPAT Pastores KAJ diselenggarakan pada Rabu,7/2, di Aula Katedral Jakarta. Uskup Agung Jakarta bersama sekitar 150 pastor dari berbagai paroki hadir dalam rapat ini. Agenda Rapat Pastores membahas empat poin pokok guna menyukseskan Tahun Persatuan.

Agenda Pertama mengenai Gerakan APP 2018, dibawakan oleh Pembina Komisi PSE, Romo J. Sigit Prasadja SJ. Tema APP yang disadur ialah ‘Amalkan Pancasila: Kita Bhinneka, Kita Indonesia’. Romo Sigit menekankan pentingnya kata ‘kita’ kepada para pastor. “Perspektif ‘kita’ akan merangkul semua pihak dan menyatakan bahwa kita terbuka dan tidak eksklusif,” ucapnya.

Agenda kedua diisi dengan kuliah umum oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. K.H. Nasaruddin Umar, MA. Kuliah ini membantu para pastor melihat kebhinnekaan dari sudut pandang global dan Islam. Nasaruddin menegaskan pentingnya peran tokoh agama dalam mempersatukan seluruh elemen masyarakat dengan semangat toleran. “Peranan tokoh agama dalam rangka mempersatukan bangsa ini sangat penting,” ujarnya.

Agenda ketiga menyosialisasikan Gerakan Transformasi Tahun Persatuan KAJ. Sekretaris Panitia Tahun Persatuan, Frans Sihol Siagian, mengatakan, “Gerakan Kebhinnekaan harus konkret dan nyata di paroki.”

Agenda Terakhir berupa informasi pastoral mengenai jadwal Temu Pastoral (Tepas) 2018, mutasi pastor paroki, serta informasi Ekonomat KAJ. Acara ditutup dengan ramah-tamah dan  makan siang bersama.

Felicia Permata Hanggu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here