Paus Menunjuk Maria “Chiquitunga” Felicia Sebagai Model Bagi OMK

467
Seorang wanita Paraguay menghadiri Misa Beatifikasi untuk Beata Maria Felicia "Chiquitunga". [Dok.AFP]
Paus Menunjuk Maria “Chiquitunga” Felicia Sebagai Model Bagi OMK
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com Paus Fransiskus telah menunjuk seorang beata baru dari Paraguay sebagai model bagi kaum muda Katolik untuk menjalani kehidupan mereka dengan kemurahan hati, kelembutan, dan sukacita.

Paus Fransiskus pada Minggu, 24/6, berbicara tentang beatifikasi yang telah dilakukan pada hari sebelumnya, terhadap seorang biarawati Karmelit asal Paraguay yang bernama Maria Felicia de Jesus Sacramentado.

Paus Fransiskus mengatakan bahwa kesaksiannya adalah undangan untuk semua Orang Muda Katolik (OMK), terutama yang berasal dari Paraguay, untuk menjalani hidup mereka dengan kemurahan hati, kelemah-lembutan dan sukacita.

[Sumber: carmelholylanddco.org]
Pernyataan tersebut diungkapkan setelah pembacaan doa Angelus di Lapangan Santo Petrus. Lebih lanjut Paus Fransiskus mengatakan bahwa wanita muda itu, yang hidup selama paruh pertama pada abad ke-20 dan yang meninggal pada usia 34 tahun, setelah menerima penyakitnya dengan tenang, mengabdikan hidupnya untuk merawat para lansia, orang sakit dan narapidana.

“Buah pengalaman dari tindakan kerasulan ini, ditopang dengan ekaristi harian, yang menuntun pada konsekrasi atau penyerahan kepada Tuhan,” ungkap Paus Fransiskus.

Chiquitunga
Suster María Felicia de Jesús Sacramentado dikenal sebagai seseorang yang penuh dengan kasih sayang, dengan perawakannya yang kecil. María Felicia, akrab dikenal dengan sebutan “Chiquitunga”, lahir pada 12 Januari 1925, di Villarrica del Espíritu Santo (Paraguay).

[Sumber: carmelholylanddco.org]
Ia dinyatakan sebagai Beata pada Sabtu, 23/6 oleh Prefek Kongregasi untuk Pemberian Gelar Orang Suci, Kardinal Angelo Amato.

Dalam upacara misa Beatifikasi yang berlangsung di Asuncion, ibu kota Paraguay, Kardinal Amato mengatakan bahwa Sr Maria Felicia “selalu siap bekerjasama, membantu, untuk keharmonisan.”

Ribuan orang berkumpul di stadion Pablo Rojas di Asuncion untuk mengikuti misa di mana Kardinal Amato membacakan biografi Chiquitunga. Dikatakan oleh Kardinal Amato, “Dia adalah seseorang yang menjawab 100 persen panggilan baptisannya dengan iman yang teguh.”

Kardinal Amato menandaskan, “para saksi berbicara tentang iman yang sangat besar, meyakinkan, dan luas yang diwujudkan setiap hari dalam ketaatannya. Tindakan amal kasihnya yang sangat terasa, disertai permintaan maaf atas kesalahannya sendiri dan kesalahan orang lain,” tuturnya.

Chiquitunga adalah wanita pertama yang dibeatifikasi di Paraguay.


[Sumber: @berandakatolik]
Dengan pemberian gelar Beata kepada Sr María Felicia de Jesús Sacramentado, OCD, seluruh keluarga Ordo Karmel Tak Berkasut (OCD/ Ordo Carmelitarum Discalceatorum) turut bersukacita, dengan bertambahnya orang kudus Karmelit dan Karmel OCD.

Proses beatifikasi dimulai pada 13 Desember 1997 dan pada 23 Juni telah dinyatakan diberkati oleh delegasi Paus Fransiskus, untuk sukacita semua orang.

Untuk itu kita boleh berdoa, Beata María Felicia, doakanlah kami.

 

Sumber:
– Linda Bordoni (vaticannews.va)
– http://www.carmelholylanddco.org/es/beata-maria-felicia-de-jesus-sacramentado-chiquitunga-del-carmelo-de-asuncion-paraguay/

Diterjemahkan/ diunggah oleh: A.Bilandoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here