Ambil Bagian di Dalam Karya Pelayanan Tuhan

325
Sekretaris I HAAK Dekenat Bekasi Albertus Kukuh saat memberikan penjelasan pada pertemuan rutin se-Dekenat Bekasi. Foto: Komsos PITC Cecilia Indarti
5/5 - (1 vote)

 

Penggiat Hubungan Antar Agama dan Kemasyarakatan atau HAAK se-Dekenat Bekasi, mengadakan pertemuan rutin di Aula Sekolah Pangudi Luhur Kota Deltamas, Bekasi, Jawa Barat, Minggu 24 Maret 2019.  Pertemuan membicarakan struktur organisasi HAAK Dekenat, serta merancang acara dialog untuk menjalin komunikasi dengan umat agama lain, sehingga diharapkan bisa terjalin hubungan yang baik didalam masyarakat, dengan karya nyata yang mengangkat etika moral kemanusiaan.

Acara dihadiri oleh perwakilan Paroki atau Stasi yang berada di Bekasi, diantaranya Paroki Arnoldus, Paroki Kampung Sawah, Paroki Albertus , Paroki Bartolomeus , Paroki Jatiwaringin , Stasi YP 2 dan Paroki Ibu Teresa Cikarang.

Suasana pertemuan HAAK se-Dekenat Bekasi di Aula Sekolah Pangudi Luhur Kota Deltamas, Bekasi. Minggu 24/3.
Foto Komsos PITC Cecilia Indarti

Pengurus Dekenat Bekasi yang baru diketuai oleh Hubertus D Manek sebagai Ketua Umum dari Paroki Arnoldus, Ketua I Christoforus Manalu dari Paroki Bartolomeus dan Yohanes Sukarmo dari Paroki Harapan Indah sebagai Ketua II.

Menurut Christoforus perlu diadakan rekoleksi spiritual HAAK dengan harapan umat tidak sungkan untuk bergabung dengan tim HAAK di dalam melayani Tuhan, melalui kasih untuk berhubungan dengan umat agama lain. HAAK diharapkan mampu membaur dan dapat menyikapi budaya setempat seperti betawi, jawa, batak dan lain sebagainya. Dengan demikian diharapkan dapat terjalin hubungan yang harmonis dan bersinergi antar berbagai budaya yang ada, sehingga membuat gereja dapat diterima di masyarakat luas.

Di dalam nuansa Pesta Demokrasi penggerak dan penggiat  HAAK diharapkan dapat menjadi inisiator dan mendorong umat Katolik untuk ambil bagian, menggunakan hak pilihnya dan menghimbau agar tidak golput, dan membantu menjaga pasca pemilu supaya keadaan tetap kondusif dan tidak terprovokasi oleh kabar burung atau hoax.

Foto bersama peserta pertemuan HAAK se-Dekenat Bekasi di Aula Sekolah Pangudi Luhur Kota Deltamas, Bekasi. Minggu 24/3.
Foto Komsos PITC Cecilia Indarti

“Penggiat HAAK Dekenat Bekasi bisa saling meneguhkan satu sama lain, sehingga di dalam pelayanan kita bisa sungguh membawa keberadaan gereja dengan masyarakat sekitar melalui persaudaraan paguyuban, dan komunitas kita dengan siapa saja yang berkehendak baik”, ucap Ketua Dewan Paroki Ibu Teresa Romo Antonius Antara Pr.

Beliau juga menyampaikan dukungannya untuk penggerak HAAK di Paroki Dekenat Bekasi, agar bisa menularkan ke dalam masyarakat, karena tugas kita semua sebagai umat katolik untuk ikut ambil bagian didalam karya pelayanan Tuhan di dunia ini lewat relasi kita , persaudaraan kita satu satu sama lain.

(Komsos PITC- Cecilia Indarti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here