Ertanto Robby Soediskam : Ave Maryam

77
Ertanto Robby Soediskam.
[Dok. Aditya Mahendra]
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Takjub dan terkejut adalah dua kata yang menggambarkan perasaan Ertanto Robby Soediskam kala ia bertandang ke Biara Suster Ordo St Fransiskus (Ordo Sancti Francisci/OSF) di Semarang, Jawa Tengah. Di tempat itu, ia menyaksikan ketekunan para suster dalam hidup selibat dan taat kepada Tuhan. Sesuatu yang di zaman ini sulit diwujudkan, namun masih tetap terjaga di biara itu.

“Saya bertemu para suster, beberapa romo di sana dan luar biasa. Saya sangat mengapresiasi kaul kehidupan mereka yang dengan penuh kasih cinta menyapa kami yang tidak seiman,” ungkap Robby.

Meski tidak memeluk Katolik, namun beberapa waktu lalu Robby menyutradarai sebuah film bernuansa hidup membiara berjudul “Ave Maryam”. Di film yang dibintangi oleh Maudy Koesnaidi dan Chicko Jericho itu, ia membuat film dengan angle cerita dari salah satu agama. Di film itu, ia mengangkat sisi rohani dan manusiawi kehidupan di biara Katolik. “Para suster bercerita bahwa mereka juga manusia biasa,” ungkap kelahiran Jakarta, 31 tahun silam.

Robby mengaku tidak menghadapi masalah yang berarti dalam proses syuting selama 15 hari tersebut. Ia berharap akan terus muncul panggilan untuk hidup membiara dari rekan muda Katolik. “Harapannya setelah teman-teman nonton ini, semakin banyak teman-teman muda Katolik yang terpanggil untuk menjadi suster atau romo,” tutupnya.

Aditya Mahendra/Marchella A. Vieba

HIDUP NO.11 2019, 17 Maret 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here