Misa Awali Rangkaian Rakernas Pemuda Katolik

157
Misa Pembukaan Rakernas Pemuda Katolik di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Jumat, 21/6. [HIDUP/Hermina Wulohering]
Misa Awali Rangkaian Rakernas Pemuda Katolik
4 (80%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Organisasi Pemuda Katolik menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, selama tiga hari, mulai Jumat (21/6). Rakernas tahun ini mengambil tema Kaderisasi yang Berkelanjutan untuk Mewujudkan Pemuda yang Terampil, Kreatif, dan Inovatif di Era Revolusi Industri 4.0.

Rangkaian rakernas ini diawali dengan Misa Pembukaan yang dipimpin oleh Moderator Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Pastor Johanes Haryanto, SJ , dengan didampingi tiga imam konselebran: Pastor Dionysius Adi Tejo Saputro, Moderator Pemuda Katolik Keuskupan Bogor; Pastor Markus Yumartono SJ, Moderator Pemuda Katolik Keuskupan Agung Jakarta; dan Pastor Paulus Christian Siswantoko, Sekretaris Komisi Kerasulan Awam Konferensi Waligereja Indonesia.

Misa Pembukaan Rakernas pada Jumat, 21/6, sore ini bertepatan dengan Peringatan Wajib Santo Aloysius Gonzaga (Biarawan), santo pelindung kemurnian kaum muda Katolik. Dalam khotbahnya, Pastor Haryanto mengatakan Santo Aloysius Gonzaga patut menjadi inspirasi Pemuda Katolik. “Sebagai bangsawan, meski memiliki status istimewa, Aloysius mempunyai komitmen pada karya pelayanannya tanpa fasilitas dan keistimewaan lainnya,” kata Pastor Haryanto.

Pastor Haryanto juga menyampaikan apresiasinya kepada orang muda Katolik yang mau masuk dalam ranah publik. Kehadiran Pemuda Katolik, ia katakan, dituntut untuk sungguh mengambil bagian dalam perjalannan bangsa.

Ia berpesan agar rakernas ini dapat memikirkan bagaimana membantu teman-teman muda lain untuk sungguh-sungguh belajar bagaimana meninggalkan zona nyaman juga agar rakernas ini memiliki akuntabilitas sosial.

 

Hermina Wulohering

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here