Pengawal Utama Paus Mengundurkan Diri

118
Paus Fransiskus bersama Giani (Dok. Vatican News)
Pengawal Utama Paus Mengundurkan Diri
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Domenico Giani, Pengawal Utama Paus Fransiskus mengundurkan diri setelah dokumen penyelidikan keuangan yang bocor. Vatikan menyatakan bahwa Giani tidak memikul tanggung jawab apa pun atas laporan dan pelepasan dokumen yang telah diterbitkan oleh beberapa media.

Dikutip dari AFP, dalam publikasi laporan tersebut ditampilkan foto-foto lima karyawan Vatikan, dua di antaranya adalah tokoh senior yang merupakan target penyelidikan atas laporan dalam kesepakatan real estate.

Paus mengatakan bahwa penerbitan dokumen tersebut sangat merusak martabat para karyawan, juga citra polisi Vatikan. Giani sendiri merasa malu dengan publikasi tersebut dan turut merasakan kesedihan besar yang dirasakan oleh Paus. Karena alasan ini, Giani siap mengorbankan hidupnya untuk mempertahankan kehidupan Paus. Ia menyerahkan tugasnya agar tidak merusak dengan cara apapun gambar dan aktivitas Paus.

Dilansir dari VaticanNews, Giani telah mendedikasikan dirinya selama 20 tahun untuk Vatikan, terutama untuk Paus. Baginya, sosok Paus merupakan sosok seorang ayah. Ia membagikan pengalamannya yang telah mengikuti hampir 70 perjalanan kerasulan internasional, kunjungan pastoral yang tak terhitung jumlahnya ke Roma dan Italia.

Giani menyampaikan pesannya untuk Korps Gendarmarie. Ia merasa ingin menambahkan satu sifat lagi ke dalam sifat-sifat yang telah ada di sana, yaitu persatuan dalam kesetiaan. Sifat lainnya yang telah dimiliki di dalam Gendarmarie, yaitu disiplin, kepatuhan, persaudaraan, dan amal kemanusiaan.

Ia juga mengatakan bahwa dalam komandonya, Gendarmarie telah mengembangkan serangkaian kegiatan amal dan pelayanan kepada sedikit yang diminta dalam Injil. Alasan pengunduran diri yang lainnya juga disampaikan oleh Giani. Ia ingin menghabiskan lebih banyak waktunya dengan isteri dan kedua anaknya.

 

Yola Salvia 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here