Persiapan Tri Hari Suci di Rumah, Keuskupan Phoenix Buat Buku Panduan Online

137
Katedral St. Simon dan Yudas, Arizona, Amerika (ist)
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.COM – Setelah merayakan Minggu Palma melalui Misa Online, semakin dirasakan oleh umat Katolik bahwa Pekan Suci tahun ini sungguhlah berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Biasanya dalam memasuki Pekan Suci, di hari Minggu, gereja penuh sesak dengan umat yang melambaikan daun palem. Lalu adanya sebuah prosesi dalam mengenang Yesus membasuh kaki para murid, umat renungkan dalam Ekaristi Kamis Putih. Kemudian prosesi penghormatan salib yang dilakukan setiap Jumat Agung. Tahun ini, umat belum bisa merasakan prosesi secara langsung di gereja.

Semuanya belum memungkinkan dilakukan. Saat ini umat bukan lagi hanya mempersiapkan diri untuk melangkah keluar ke gereja, namun berkumpul dengan keluarga di rumah dan mempersiapkan batin untuk mengikuti Misa yang disiarkan di Youtube atau Channel TV.

Setiap perubahaan yang terjadi tentu perlu waktu agar dapat menerimanya. Perubahan ini terjadi di Gereja Katolik secara universal. Termasuk di Amerika Serikat.

Itulah sebabnya sekelompok imam dan awam di Keuskupan Phoenix, Arizona, Amerika Serikat, menyusun sebuah buku panduan online berjudul A Journey Through Holy Week for Families (Persiapan Pekan Suci untuk Keluarga). Buku ini diharapkan dapat membimbing umat merayakan Pekan Suci dari rumah bersama keluarga.

“Kami mengadakan pertemuan minggu lalu secara khusus membahas Pekan Suci dan bagaimana memasuki Pekan Suci mengetahui bahwa kami tidak dapat mengadakan Misa di publik pada saat ini,” ungkap Vikaris Evangelisasi Keuskupan Phoenix Pastor John Parks mengatakan kepada CNA, 4/4. “Pertanyaan yang terlintas saat itu, cara apa saja yang kami dapat lakukan untuk memperkuat keluarga dan mengundangnya untuk berdoa seperti di gereja?” tambahnya.

Pastor Parks menghimbau kiranya umat bisa menyertakan prosesi kecil dari rumah, misalkan, membasuh  kaki anggota keluarga atau bahkan melakukan penghormatan pada salib yang ada di rumah.

Setelah berdiskusi oleh beberapa pihak, Pastor Parks berhasil  mengumpulkan semua bacaan, doa, dan sumber lainnya ke dalam buku online tersebut dan total 150. Di setiap lembarnya,  mencakup bacaan serta doa dan kegiatan bertema liturgi lainnya dari Minggu Palma hingga Triduum dan Minggu Paskah, serta bacaan delapan hari setelah Paskah.

Buku online ini memuat tautan ke video yang mencakup Misa Live Streaming dari Basilika St. Mary, Phoenix, hingga homil oleh Uskup Agung Los Angeles Robert Barron. Kemudian ada rekaman lagu untuk dinyanyikan selama waktu doa di rumah. Di buku ini  juga termasuk tautan ke ziarah virtual hingga halaman mewarnai untuk anak-anak.

“Saya sungguh percaya bahwa Allah mencurahkan kasih karunia sekarang untuk memperkuat Gereja di dalam sebuah keluarga. Dan ada hal besar yang dicurahkan khusus untuk orangtua, untuk hidup lebih dalam dalam otoritas alami yang mereka miliki atas anak-anak mereka. Semoga buku online ini membantu para keluarga, ”tandasnya.

Karina Chrisyantia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here