CBCP: Waspadalah Terhadap Pihak yang Mengaku Dekat dengan Takhta Suci!

362
Suasana Misa di Gereja Manila pada awal Februari, 2020. (Dok. Media Vatikan)
CBCP: Waspadalah Terhadap Pihak yang Mengaku Dekat dengan Takhta Suci!
1 (20%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.COMSebuah kasus mencurigakan terjadi di Filipina. Seorang bernama Cristian Eduardo Tietze diduga mengaku bahwa berhubungan dengan Takhta Suci dan sangat mengenal Paus Fransiskus. Tietze memperkenalkan dirinya sebagai presiden Peace for Life Foundation.

Hal ini menyebabkan Nunsiatur Apostolik Filipina menulis surat resmi kepada para uskup setempat untuk memperingatkan umat ataupun komunitas terhadap pihak yang mengaku berhubungan dekat dengan Takhta Suci.

Sebelumnya, beberapa pemimpin gereja di Filipina juga sudah memperingatkan umat terhadap skema penipuan. Penipuan ini biasanya mengatasnamakan uskup untuk meminta uang dari umat dan lembaga-lembaga Gereja.

Seperti yang dilansir dari Vaticannews, 26/5, dalam beberapa minggu terakhir, ada laporan muncul yang menargetkan umat Katolik di tengah pandemi covid-19. Sekretaris Jenderal Konferensi Waligereja Katolik Filipina (CBCP) Pastor Marvin Mejia menghimbau umat untuk selalu melakukan verifikasi kepada paroki setempat atau keuskupan sebelum mengirim sumbangan.

“Oknum-oknum seperti ini patut dicurigai. Maka saya sungguh mengingatkan kepada para imam dan umat untuk selalu waspada di tengah pandemi ini. Jangan mudah percaya kepada siapapun! Khususnya yang mengatasnamakan Paus Fransiskus atau pihak kuria lainnya,” tegasnya.

Karina Chrisyantia

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here