Tiga Gelar Baru Bunda Maria dalam Litani Loreto

258
Paus Fransiskus berdoa di depan patung Bunda Maria Loreto, Italia, 25/3/19. (Dok Vaticannews)
Tiga Gelar Baru Bunda Maria dalam Litani Loreto
5 (100%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.com –Paus Fransiskus telah menambahkan tiga gelar baru dalam Doa Litani Santa Perawan Maria atau yang kerap dikenal dengan Litani Loreto, yakni Bunda yang Berbelas Kasih, Bunda Harapan dan Penghibur Kaum Migran. Hal ini diumumkan oleh Kongregasi untuk Ibadat Ilahi dan Tata Tertib Sakramen pada Pesta Hati Maria yang Tak Bernoda, Sabtu 20/6.

Sehingga urutan doanya menjadi, Bunda yang Berbelas Kasih dimasukkan setelah Bunda Gereja dan Bunda Harapan setelah Bunda Rahmat Ilahi. Kemudian Penghibur Kaum Migran  setelah Pengungsi orang berdosa.

Dalam suratnya, Prefek Kongregasi untuk Ibadat Ilahi dan Tata Tertib Sakramen Kardinal Robert Sarah dan Sekretarisnya Uskup Agung Arthur Roche menjelaskan, selama ini umat Katolik berdoa dan sebagai cara yang istimewa menuju perjumpaan dengan Kristus, mereka menyebut gelar yang tidak terhitung jumlahnya untuk memanggil para Perawan Maria.

Patung Bunda Maria Loreto (Pinterest)

Dilansir dari Vaticannews, 20/6, Mgr. Roche menjelaskan bahwa doa ini sungguh menanggapi kenyataan yang ada sekarang. Ia mengungkapkan banyak orang di dunia ini yang menderita karena banyak hal, bukan hanya dikarenakan pandemi Covid-19, tetapi juga terpaksa keluar dari rumah untuk mendapatkan sesuap nasi, terjadi konflik sampai dengan alasan lainnya. Sehingga ia mendorong umat untuk selalu memohon kepada Bunda Maria.

Doa Litani Loreto berasal dari Tempat Ziarah Maria Lotero di Italia. Litani Loreto biasanya didoakan di akhir Doa Rosario. Setidaknya sampai sekarang ada tujuh gelar baru untuk Maria. Beberapa diantaranya St. Paus Yohanes Paulus II menambahkan gelar Bunda Gereja di tahun 1980 kemudian Ratu Keluarga di tahun 1995.

Karina Chrisyantia

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here