Untuk Kurangi Kontak Fisik Tenaga Medis dan Pasien Covid 19, Unika Atma Jaya Luncurkan AtmaBot

178
Penyerahan remote kontrol AtmaBot dari Rektor Unika Atma Jaya A. Prasetyantoko kepada Direktur Rs. Atma Jaya Shenny Nurmala (HIDUP/ Irensius Erwin M)
Untuk Kurangi Kontak Fisik Tenaga Medis dan Pasien Covid 19, Unika Atma Jaya Luncurkan AtmaBot
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.COM –  Fakultas Teknik Unika Atma Jaya, Ikatan Alumni Fakultas Teknik Unika Atma Jaya (Aku Teknik) serta Rumah Sakit Atma Jaya merancang sebuah robot pelayan untuk mengurangi kontak fisik secara langsung antara pasien Covid-19 dengan tim medis. Robot tersebut diberi nama AtmaBot (Atma Robot).

Bentuk dari AtmaBot (HIDUP/ Irensius Erwin M)

 

AtmaBot dilengkapi dengan laptop dan tablet PC yang dirancang untuk video call sehingga mengurangi kontak langsung dokter maupun perawat dengan pasien. Konstruksi robot dilengkapi dengan empat susun rak untuk membawa makanan, minuman, obat, dan kebutuhan pasien lainnya. Dengan penggunaan AtmaBot akan sangat mengurangi kehadiran fisik dokter maupun perawat dan petugas gizi mendatangi kamar isolasi pasien. Hal ini akan mengurangi penularan virus dari pasien.

Proyek ini dikerjakan oleh Pusat Robotika dan IoT (PATRIOT) Fakultas Teknik, yang melibatkan dosen Teknik Elektro, Teknik Mesin, Alumni Fakultas Teknik, mahasiswa, laboran, dan berkolaborasi dengan dokter Rumah Sakit Atma Jaya. Tim terdiri dari Nova Eka Budiyanta, Linda Wijayanti, Ing. Widodo Widjaja Basuki, Harlianto Tanudjaja, V. Budi Kartadinata, Cisca Kuswidyati, Rizki Surya Permana dan Vincentius Raditya Putra.

Dalam acara serah terima Atmabot kepada Rs. Atma Jaya yang diselenggarakan hari Rabu, 5 Agustus 2020 di Kampus 3 BSD, Rektor Unika Atma Jaya A. Prasetyantoko mengungkapkan bahwa pandemi Covid 19 merupakan suatu tantangan bagi semua orang, oleh karena itu Unika perlu menegaskan peran dan kontribusinya. Sehingga ia memanjatkan rasa syukur bahwa akhirnya AtmaBot dapat diluncurkan.

“Bagi saya, ini salah satu bentuk yang sangat nyata dari Unika Atma Jaya untuk proyek kemanusiaan, yang akan dimanfaatkan oleh Rs. Atma Jaya,” terangnya.

Karina Chrisyantia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here